Secara umum penilaian dititikberatkan pada kreativitas 50%, keindahan 30%, dan kekompakan 20%. “Sampai saat ini, peserta Festival Malam Salikur yang terdaftar sudah 55 RT,” terang Khairil Anwar, promotor acara. Festival ini diikuti oleh kelurahan-kelurahan dengan sangat antusias dengan mengusung semangat kebersamaan di lingkungan masyarakat lewat Festival Tanglong dan Lampion antar RT se-Kota Banjarbaru dan Lomba Fotografi Mendokumentasikan Kegiatan.

Penilaian dilakukan dengan kunjungan langsung oleh juri ke setiap titik lokasi peserta. Ditambah dengan penilaian dari Video dan Foto Dokumentasi yang dikirimkan oleh setiap peserta.

Teknis Penilaian:

a. Seleksi Tingkat Kelurahan: Juri terdiri dari 3 (tiga) Orang dari Kelurahan dan 2 (dua) Orang dari Kecamatan masing-masing memilih lima peserta terbaik di setiap kelurahan.

b. Seleksi Tingkat Kecamatan: Lima Orang Juri di Tingkat Kecamatan (tidak mewakili kelurahan, tapi independen di tingkat kecamatan), memilih masing-masing 5 (lima) peserta terbaik hasil seleksi tingkat kelurahan (dari 20 terpilih tingkat kelurahan, ambil 5 terbaik).

c. Seleksi Tingkat Kota: Lima orang Juri di Tingkat Kota menentukan 3 terbaik dan 10 besar dari hasil seleksi tingkat kecamatan. Ditambah 10 favorit berdasarkan hasil penilaian video. Dari 25 Peserta terbaik (Masing-masing 5 dari setiap kecamatan), Juri mengambil 13 pemenang. Yaitu untuk Juara 1-3, ditambah 10 Besar. Di luar itu, Juri juga mengambil 10 juara Favorit, yang boleh diambil dari 25 terbaik hasil seleksi kecamatan, tapi boleh pula di luar 25 terbaik (Juri bisa menilai dari seluruh foto/ video yang dikirim peserta).

Suasana Pertemuan Teknis, dok: neb

“Festival ini diharapkan membangun kembali semangat gotong royong dan kerjasama yang juga telah lekat dengan budaya kita. Festival ini bukan milik panitia, festival ini milik seluruh masyarakat Banjarbaru yang ke depannya untuk tahun mendatang akan terus dievaluasi!” Pungkas HE. Benyamine, Ketua Panitia Festival di hadapan peserta pada pertemuan teknis 01/05/2021 di Aula Balai Kota Banjarbaru. Festival ini terselenggara atas dukungan seluruh dinas terkait lingkup Pemerintah Kota Banjarbaru, CSR Bank Kalsel, masyarakat Kota Banjarbaru, dan seluruh netizen di manapun berada.  Informasi lanjut sila menghubungi panitia via WA ke nomor 0878 4828 1717. @

Facebook Comments