Dingemans dan Underhill menemukan “permohonan tersebut tidak memiliki prospek keberhasilan yang nyata dan bahwa tidak ada alasan kuat lainnya untuk didengarkan”.

11 April 2022: Sidang Kasus Pencemaran Nama Baik Digelar di Virginia

Sidang kasus pencemaran nama baik Johnny Depp terhadap Amber Heard dimulai pada 11 April 2022 di Fairfax, Virginia. Virginia merupakan negara bagian yang memiliki fasilitas percetakan The Washington Post, media yang menerbitkan opini Amber Heard mengenai kekerasan dalam rumah tangga.

Depp mengalami kemunduran dan kemerosotan karier yang signifikan sebelum persidangan dimulai ketika hakim dalam kasus tersebut, Hakim Virginia Penney Azcarate, menilai tulisan opini Amber Heard berurusan dengan masalah kepentingan publik.

Tim hukum Depp mencoba berargumentasi dengan menyatakan Heard seharusnya tidak bisa ‘berlindung’ dalam Undang-Undang Anti-SLAPP Virginia. Undang-Undang Anti-SLAPP atau anti-Strategis Terhadap Partisipasi Publik dirancang untuk melindungi orang dari tuntutan ketika mereka berbicara tentang hal-hal yang menjadi kepentingan publik.

Namun, Hakim Azcarate memutuskan Amber Heard, pada kenyataannya, dapat menggunakan undang-undang anti-SLAPP Virginia dalam pembelaannya dan berpendapat kepada juri bahwa itu harus berlaku untuk opininya.

Dalam 13 hari, pihak Johnny Depp mengajukan saksi dan memberikan keterangan terkait dugaan pencemaran nama baik. Johnny Depp menyatakan korban kekerasan dalam rumah tangga yang sebenarnya adalah dirinya, bukan Amber Heard.

Kakak hingga pengawal Johnny Depp bersaksi dan menguatkan keterangan tersebut. Teman lama sekaligus tetangga Johnny Depp, Isaac Baruch, menyebut Amber menuduh Depp melakukan kekerasan, tapi ia tak melihat bekas yang mengindikasikan klaim itu.

Selain orang terdekat Depp, mantan asisten Amber Heard, Kate James, juga bersaksi untuk sang aktor. Kate James menyatakan tak pernah melihat Heard dilecehkan atau disakiti Depp. Bahkan ia melihat Johnny Depp sebagai pria pemalu.

Johnny Depp kemudian bersaksi untuk pertama kali pada sidang 20 April. Johnny Depp menyebut Amber Heard sering mengatakan akan bunuh diri. Kondisi ini yang membuat ia merasa mesti bertahan dalam hubungan toksik itu. Tak hanya itu, dalam kesaksian pertama Johnny Depp tersebut diputar pula rekaman percakapan dirinya dengan Amber Heard. Amber mengaku memukul Johnny Depp.

Dalam 13 hari itu pula Johnny Depp menghadirkan psikolog yang menyatakan Amber Heard mengidap 2 gangguan kepribadian.

4 Mei 2022: Kesaksian Perdana Amber Heard

Amber Heard menyampaikan sejumlah dugaan kekerasan fisik hingga seksual yang dilakukan Johnny Depp, seperti tamparan setelah menertawakan salah satu tato bintang Fantastic Beasts tersebut. Johnny Depp juga disebut melecehkannya dengan merobek celana dalam ketika mencari kokain. Mantan suaminya itu disebut sampai melakukan ‘pemeriksaan tubuh’ kepadanya.

Amber Heard juga mengatakan orang lain, yakni pramugari turut menjadi korban kekerasan Johnny Depp. Pramugari itu disebut dipukul Johnny Depp karena dinilai mendekati Amber Heard.

Tak hanya itu, Amber Heard juga mengungkapkan Johnny Depp melakukan kekerasan kala syuting Pirates of the Caribbean kelima pada 2015 di Australia. Johnny disebut mengancam akan mengukir wajah Heard dengan botol pecah.

Ancaman tersebut, sebut Heard, dibarengi dengan teriakan Depp bahwa ia telah ‘menghancurkan hidupnya’. Heard melanjutkan cerita dengan mengungkap pelecehan seksual yang melibatkan botol dimasukkan dalam vaginanya.

Persidangan Johnny Depp dan Amber Heard atas kasus pencemaran nama baik sempat ditunda selama satu pekan yang kemudian dilanjutkan pada 16 Mei 2022.

Hakim Penney Azcarate juga menginstruksikan juri yang terlibat dalam persidangan yang digelar di Fairfax County, Virginia, AS, untuk tidak meneliti apapun terkait kasus Heard dan Depp selama masa istirahat persidangan.

25 Mei 2022: Sidang Lanjutan

Johnny Depp blak-blakan soal bagaimana perannya membujuk Warner Bros agar menerima Amber Heard sebagai Mera di film Aquaman. Selain itu, Johnny Depp juga bergurau soal potongan jarinya yang hilang karena Amber Heard.

Dikutip dari EW, Johnny Depp mengaku pernah menelepon petinggi Warner Bros agar membuat kesepakatan terkait peran Amber Heard. Depp berbicara dengan Kevin Tsujihara, Sue Kroll, dan Greg Sliverman dalam rangka membantu Amber Heard mendapatkan peran Mera di film Aquaman.

“Saya memiliki kesepakatan multi-film dengan Warner Bros, jadi kami berbisnis bersama. Jadi saya tahu orang-orang ini,” ujar Johnny Depp dalam kesaksiannya.

Setelah membantu Heard mendapatkan peran di film DC tersebut, Depp sempat memperingatkan Warner Bros bahwa segala hal akan berakhir buruk setelah perpisahannya dengan Amber Heard.

Meski begitu, bru, aktor berusia 58 tahun itu menegaskan tidak pernah meminta petinggi WB memecat Amber Heard. Dalam beberapa kesempatan saat menghadiri sidang, Johnny Depp kerap melontarkan beberapa candaan yang membuat para hadirin tertawa.

Baru-baru ini, Depp juga menceritakan insiden perkelahian di Australia pada Maret 2015 silam saat jarinya putus setelah dilempar botol alkohol oleh Amber Heard. Dengan nada kelakar, Johnny Depp mengaku bahwa ia merindukan jarinya yang hilang itu di mimbar saksi.

“Aku merindukan jariku,” ucap Johnny. Bantah lakukan pelecehan seksual Johnny Depp menegaskan pada majelis hakim bahwa ia tak pernah melecehkan dan melakukan kekerasan fisik terhadap Amber Heard.

Depp mengatakan, pernyataan Amber Heard pekan lalu soal dirinya yang melakukan kekerasan seksual dengan botol adalah hal konyol. Semua pernyataan Amber Heard di bawah sumpah dianggap sebagai hal yang memalukan, mengerikan, menyakitkan, brutal, kejam, dan sebuah kepalsuan.

“Apa pun yang terjadi, saya di sini dan mengatakan yang sebenarnya,” ujar Johnny Depp. Di sisi lain, tim kuasa hukum Amber Heard menunjukkan pesan teks Johnny Depp pada Agustus 2016 silam yang ditujukkan pada orang dari agensinya, Christian Carinno.

Dalam pesan itu, Depp menyebut nama Elon Musk dengan panggilan Moluska dan mengancam akan memotong alat vitalnya. Sebagai informasi, Elon Musk sempat berkencan dengan Heard, setelah aktris berusia 36 tahun itu cerai dari Johnny Depp.

“Mari kita lihat apakah Moluska memiliki pasangan,” bunyi isi pesan teks Depp. Ditunjukkan Pihak Amber Heard di Persidangan “Ayo temui aku secara langsung. Aku akan menunjukkan padanya hal-hal yang belum pernah dia lihat. Seperti sisi lain dari penisnya, aku akan mengirisnya,” lanjut isi pesan yang diklaim dari Johnny Depp itu. Johnny Depp tidak menyangkal bahwa pesan itu memang berasal dari dirinya.

2 Juni 2022: Putusan Hakim, Johny Depp Memenangkan Sidang

Setelah lebih dari enam pekan bersidang juri memutuskan Heard bertanggung jawab atas pencemaran nama baik Depp. Juri memberikan 15 juta USD kepada Depp sebagai ganti rugi atas pencemaran nama baik yang dilakukan Heard saat menulis artikel di Washington Post pada 2018, telah mengalami kekerasan dalam rumah tangga.

Namun, juri juga memberikan Heard ganti rugi 2 juta USD lantaran difitnah oleh pengacara Depp yang menyatakan kepada Daily Mail bahwa klaim pelecehan itu merupakan tipuan.  Setelah pembacaan putusan, Heard merilis pernyataan yang menyatakan kekecewaannya atas keputusan juri.

“Saya patah hati karena segunung bukti masih belum cukup untuk melawan kekuatan, pengaruh, dan pengaruh yang tidak proporsional dari mantan suami saya,” keluhnya.

Heard melanjutkan kegusarannya. “Saya sedih kalah dalam kasus ini. Tapi saya lebih sedih lagi karena saya tampaknya telah kehilangan hak yang saya pikir saya miliki sebagai orang Amerika—untuk berbicara dengan bebas dan terbuka.”

Sebaliknya, Johnny Depp sebagai pihak yang dimenangkan menyatakan berterima kasih kepada juri karena telah ‘mengembalikan nyawanya.’

“Sejak awal, tujuan membawa kasus ini adalah untuk mengungkap kebenaran, terlepas dari hasilnya,” katanya melalui juru bicara.

“Berbicara kebenaran adalah utang saya kepada anak-anak saya dan kepada semua orang yang tetap teguh dalam mendukung saya. Saya merasa damai mengetahui saya akhirnya mencapai itu,” ungkapnya.

Mantan kekasih Vannessa Paradis itu merasakan dukungan yang besar dari publik di seluruh dunia. Selama ini, opini dari masyarakat memang lebih banyak memberikan dukungan kepada Depp, terutama setelah para mantan kekasih justru membela bintang Pirates the Caribbean itu.

“Saya diliputi oleh curahan cinta dan dukungan serta kebaikan yang luar biasa dari seluruh dunia,” kata Johnny Depp. “Saya berharap bahwa upaya saya untuk mengatakan kebenaran akan membantu orang lain, laki-laki atau perempuan yang mengalami kasus serupa, dan dukungan agar tidak pernah menyerah. Saya juga berharap bahwa posisi sekarang akan kembali ke tidak bersalah baik di pengadilan maupun di media.”

Epilog

Hampir di sejumlah media menuliskan suasana setelah pembacaan putusan itu, ~kalian bisa saksikan vibes persidangan dengan lengkap di akun YouTube Law&Crime Network~ kerumunan tampak bersorak mengetahui kesimpulan yang diberikan para juri memenangkan Johny Depp.

Bersambung… []

Didasari berbagai sumber: washingtonpost/AP/thesun/theguardian/theassociatedpress/theindependent/cnn/reuters/kompas/tempo/cnnindonesia

Facebook Comments