Dalam menelisik lagu berjudul Yang Terbaik, Arif menceritakan bahwa lagu itu tercipta karena melihat anak-anak di kampung Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Ketika waktu melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada 2015, dia mengaku terenyuh langsung melihat kondisi anak-anak tanpa pendidikan maka lagu tersebut diciptakannya untuk mereka.

“Saya ciptakan lagu untuk mereka (Anak Loksado). Pada waktu diakhir KKN, saya sampaikan lagu ini untuk mereka agar menjadi anak yang terbaik,” tutur Arif yang juga dosen Pendidikan Agama Islama, FTK UIN Antasari.

Adapun lagu Bahasa Langit, Arif melangkahkan kakinya bergabung di Sanggar Bahana Antasari (SBA) yang menjadi angkatan ke-19. Pada tahun 2012 itu, dia menciptakan lagu tersebut untuk angkatan yang berjumlah 12 orang saja. “Tak lama setahun berselang, lagu Dermaga Januari tercipta,” ujarnya.

Lagu Dermaga Januari, Arif ciptakan untuk mengenang angkatan ke-20 SBA. Sebagaimana filosofinya, dia mengungkapkan bahwa simbol dermaga sebagai pelabuhan yang kerap orang datang maupun berpergian, tentu kondisi yang paling sering orang kunjungi dan ternyaman.

“Bertepatan pada bulan Januari, maka saya harapkan generasi saat itu agar selalu berproses dan berlayar ke mana ia ditempa oleh kehidupan,” pungkasnya.@

Facebook Comments