Minggu, 20 Januari 2019



NEW AVANZA 2019: GAYA KELUARGA CENDANA, HARGA KELUARGA CEMARA

Hal yang tak dapat dipungkiri dari mobil ini adalah, dia memunyai fans garis keras yang tahan banting. Meski mobil jenis ini dibully habis-habisan dalam forum otomotif, ia tetap menjadi yang terbaik di hati penggemarnya. Cool! *** Toyota tampaknya tak mau ambil pusing soal desain. Tinggal comot mukanya Voxy/Vellfire, dan pasang. Sisanya, tambahin sedikit kosmetik di pantat dan samping, telinganya ganti pake All New Rush. Siap jual deh. Seperti gak peduli penjualannya tergusur oleh XPander dalam beberapa bulan lalu di tahun 2018, pihak Toyota dengan tegas menyatakan tidak terinpirasi sama sekali dengan desain XPander yang dielu-elukan para penggemarnya itu hingga meraih The Best...

PUISI-PUISI HUDAN NUR

MEMOTRET JENGKI hujan memotret jengki di mingguraya ia menyentuh gawai menekan tombol menilik hujan yang kebasahan dalam konser yang kehujanan juragan hujan memungut gerimis yang rinai di antara saku jaket yang kedinginan hujan berebut menengok jengki di tepi warung kepulan asap rokok penonton konser mengganggu hujan yang diam-diam merekam jejak jengki payung-payung kehujanan melangsir pemiliknya yang entah diborong siapa namun jengki tak peduli ia duduk di ujung panggung memeluk hujan           : dalam kesendirian 2018   SONGKOK IMAM BUDIMAN Tanganku gagal memberai benang-benang di songkok yang kau kenakan. Tak kubawa gunting untuk meluapkan janji yang pernah kutanggalkan. di meja panjang mingguraya kita berkenalan bak satria yang pongah di pertempuran kamu duduk berdua dengan benalu-benalu dunia                ...

DOA NASRUDDIN UNTUK ORANG PELIT

ADA kalanya Nasruddin mengunjungi teman-temannya yang miskin untuk menghibur mereka dengan sekadar bercanda dan menyisipkan nasihat-nasihat untuk bersabar menjalani hidup. Kadang ia menjadikan dirinya sendiri sebagai tamsil, meski untuk itu ia sering dicemooh, karena dianggap memiliki teman-teman yang kaya yang bila-bila waktu selalu membantu kesusahannya. Ada saatnya pula Nasruddin mengunjungi teman-temannya yang kaya, sekadar bercanda dengan mereka sambil menyisipkan nasihat tentang buruknya dunia, dan agar tidak tamak terhadapnya. Perilaku Nasruddin yang seperti ini sedikit-banyak memberikan pengaruh terhadap teman-temannya. Ada satu dua temannya yang miskin, karena termotivasi ujarannya lalu berusaha bersungguh-sungguh dan akhirnya jadi kaya. Ketika berjumpa dalam keadaan yang sudah berubah,...

PUISI-PUISI ANDRIA SEPTY

MUSIM GUGUR KETUJUH Di musim gugur ketujuh kenangan membeku dalam kotak pandora lusuh, dedaunan jatuh di ujung kaki, seperti mimpi yang karam resah mendamba mesra setiap bulir ingatan, di rimbun dedaunan kering musim itu. 24 September 2015   CANGGUNG Hawa sekelilingku berapi-api menukar tahun-tahun sepi, aku teperdaya entah kekuatan apa yang membuat kau berpaling udara menyesakkan seolah menyekapku di gubuk tanpa ventilasi, aku tertawan entah keajaiban apa yang membuat kau terombang-ambing. padahal, ia dalam keadaan indah dipandang. tapi, jiwaku bergantung. entah menggantung sebagai kalung atau tas punggung. Kafe Senorita, Desember 2017   KATA LOGIKA Sepasang bola mata sesejuk samudera biru itu, terlanjur menyekapmu sihirnya tumpah ruah dan majenun Ia beri ruang dalam banyak hal, juga perubahan dan kenangan mahal, Ia tawar tanpa ampun. sepasang bola mataku terlanjur...

PRESIDEN 2019 HARUS TETAP TABAH, KAMPRET-CEBONG TAKKAN PUNAH

KUKIRA, tak ada yang lebih tabah dibanding dua calon presiden kita saat ini. Betapa tidak, setiap hari keduanya dibully, dinyinyirin oleh masing-masing kubu pendukung sembari juga dipuja-puji mati-matian. Sampai-sampai, ada yang bikin status atau gambar kalau kedua capres itu sekarang ini sedang panen pahala, lantaran dibully tiap hari—untuk soal pahala atau tidak berpahala ini, dan juga soal berdosa atau tidak berdosa tukang bully, wallahu’alam. Saya kerap (hanya) terkagum-kagum dengan semangat para pendukung capres (Jokowi atawa Prabowo) di media sosial ini. Tiada henti-hentinya mereka berkampanye, pagi, siang, malam, hingga pagi lagi, untuk bikin status-status, share tulisan, share gambar, memuji-muji capres sendiri, dan...

PUISI-PUISI IBNA ASNAWI

TENTANG MASA LALU ;Anec Fadia pipimu gadis, memekat merah menyimpan luka-lara yang gulita bergeming pasrah dari sana sesuatu kerap diperam dalam-dalam supaya di balik mata tidak membuncah sayangnya engkau adalah masa lalu sekali lagi gadis, kukatakan pipimu selalu memekat merah semerbak kemboja tertabur jua walaupun kematian sesungguhnya adalah perasaanmu kepada air mata sayangnya engkau sudah dimiliki masa lalu. ah! LK, 29 Oktober 2018 SEBELUM MENEMUI SURABAYA malam memutuskan untuk tidur hanya gelapnya yang masih terus terjaga menungguku naik ke dalam mobil di depan koperasi sedang mobil itu menatapku iba sambil menikmati khidmat kesunyian tanpa asap gaduh pikiran tanpa deru kecemasan barangkali mobil itu mampu membaca raut wajah manusia kesedihan yang memancar melalui jendela mata pun jua bahagia di batang usia sehingga saat ini ia seperti lebur ke...

JOKOWI, KONSER SLANK, DAN SWING VOTERS KAUM MILLENIALS

WAJAH Jokowi tiba-tiba muncul menjeda konser Slank menandai 35 tahun berkarya band rock pop Indonesia ini di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (23/12) malam. Karena saya nontonya di layar televisi, maka wajah presiden—yang entah apakah karena televisi di rumah yang jelek, saat itu terlihat letih lelah atau mungkin juga sedang bersedih (jangan berpikir itu cuma akting) yang memenuhi layar. Kalau di lokasi konser Slank, Jokowi yang berkemeja putih terpampang di layar besar sisi panggung. Ada apa ini, pikir saya. Pertama, seingat saya, setelah mengucapkan salam, Jokowi menyampaikan ketidakbisahadirannya di acara konser. Kemudian dia menyampaikan duka bencana tsunami yang melanda Selat...

KALA JOKOWI ADU CITRA DENGAN PENCITRAANNYA

SUATU hari di tahun 2012, saya bersama seorang teman merokok di ruang tamu salah seorang teman lain. Sayup-sayup suara yang datang dari televisi di ruang tengah mengabarkan tentang perhitungan suara di Pilkada DKI. "Jokowi menang putaran pertama gubernur DKI," ucap teman saya cuek. "Kalau diliat popularitasnya, mungkin dia akan maju menjadi Presiden." "Masih sangat jauh kalo presiden," bantah saya yang memperhitungkan waktu Pilkada. "Mungkin akan menang putaran kedua, tapi dia gak akan ke presiden." "Mungkin saja," kata teman saya yang lain, "jangan lupa, dia populer banget sekarang." "Saya tidak percaya berbekal popularitas saja, seseorang bisa menang presiden," jawab saya. Dan, sisa dari percakapan itu,...

PUISI-PUISI ALEX R. NAINGGOLAN

UNTUK PEREMPUAN BERBAJU UNGU Perempuan berbaju ungu itu datang padaku, saat hujan baru saja berhenti dan dengan segera berubah menjadi gerimis Perempuan yang berpita ungu it uterus menyeret tubuhku yang telah terikat belukar “kau harus pulang. Ibu, bapak, dan adik-adikmu telah menantimu,” katanya Setelah itu, tak lama ia tuntun aku dalam gerimis ke sebuah jalan yang ujungnya berlempeng cahaya berbentuk sebuah rumah Kedaton, 2001   STANZA - tujuh tahun pernikahan masih pipimu yang dulu yang sembul merah ketika kukecup dan ada wangi bunga yang ruap di rambutmu dan aku selalu tak selesai bercakap denganmu mungkin tentang sedikit hujan yang jatuh membayang di pekarangan tetap tubuhmu yang dulu yang pernah kusibak bersama getar malam semacam aku yang mengeja saat bibirmu tersingkap dan aku mendadak gagap dan aku selalu hinggap di...

SHA INE FEBRIYANTI; CERITA FILM DAN PANGGUNG

Siang itu cuaca cerah. Beberapa orang sedang asyik “mengawah”. Sebuah tradisi masyarakat Banjar ketika sedang berpesta untuk suatu peringatan atau perayaan. Sayang sekali, kawah yang saya temui siang itu masih dalam ukuran yang kecil dari biasa yang saya dapati pada perayaan kai nini bahari. Tapi ukuran kecil tidak menyurutkan rasa silaturahmi yang justru begitu besar. Dari orang-orang lokal Banjar, hingga para tamu yang siap menyantap masakan itu. Sha Ine Febriyanti sesekali mencoba untuk mengaduk gangan asam yang sedang dimasak. Setelahnya makan siang bersama dan membaur ke semua orang yang berhadir. Entah kebetulan atau memang udah niat, saya bersama Bang Agus...