BUPATI Tanah Bumbu, dr. H.M. Zairullah Azhar memberikan penghargaan kepada para pelaku seni yang telah berkontribusi dan berprestasi di bidang seni dan budaya dalam rangka pemajuan kebudayaan. Pemberian apresiasi kepada sejumlah seniman tersebut berlangsung di halaman Kantor Bupati Tanah Bumbu pada senin (4/9/2023) pagi.

Kepada redaksi asyikasyik Andi Jamaluddin AR, AK yang kerap disapa Jarak Fajar menyampaikan haru sekaligus syukur yang tak terhingga. Sebab apa yang dicapainya hari ini bukanlah perjalanan singkat.

“Sekecil apapun rezeki itu wajib diyukuri. Semua karena berkah Allah SWT. Alhamdulillah,”papar Jarak Fajar yang selama ini aktif bergelut di dunia sastra usai menerima penghargaan.

Selain Jarak Fajar, seniman lain yang juga mendapat penghargaan dari Bupati Tanah Bumbu adalah Bambang Sucipto dan Abdul Karim.

Riah Jarak (istri Andi Jamaluddin) menemani Andi Jamaluddin usai menerima penghargaan (4/9/2023) pagi.

Foto bersama para penerima Penghargaan Seni dan Budaya Bupati Tanah Bumbu 2023

“Selama ini konsepku berkarya bahwa menulis itu tak memerlukan waktu, tempat atau ruang tertentu,” tambah Jarak Fajar yang namanya sering nangkring di daftar panjang penulis puisi dan sering berkontribusi dalam agenda antologi-antologi nasional.

menulis itu kapan saja, di mana saja, dan tak harus selesai sesaat

Ada kredo kecil yang menjadi pemacu energi Andi Jamaluddin untuk terus berkarya yang senantiasa menjadi pionnya yaitu menulis sajalah, di manapun Anda berada. Namun tulisan yang ditulis tak harus selesai di tempat. Ada kontemplasi yang memerlukan waktu untuk mengendapkan sebuah karya.

Menulis sejak tahun 1980-an tak kerap membuat Jarak Fajar besar kepala. Lelaki yang tak banyak bicara itu lebih banyak menyuarakan gegap gempita hatinya lewat karya. Lahir dan bermukim di Tanah Bumbu, Jarak Fajar (59 tahun) pernah menerima Hadiah Seni Gubernur Kalimantan Selatan (2012), Hadiah Seni Astaprana dari Kesultanan Banjar (2016), Anugerah Seni Budaya Tanah Bumbu 2018, FAM Award 2019, dan Anugerah Sastra Apajake (2020).

“Selain piagam kami juga menerima tali asih dari Bupati Tanah Bumbu,” pungkas Jarak Fajar. Dan dirinya pun berharap ada banyak Jarak Fajar lain yang berkecambah, mengikuti jejak untuk istiqomah berkarya khususnya bagi generasi muda.@

Facebook Comments