KEPALA Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarbaru, Sirajoni angkat bicara soal sampah yang berserakan di wilayah titik Kota Banjarbaru dan sekitarnya.

Sebanyak 20 armada angkutan sampah, pihaknya turunkan untuk pembersihan pasca Haul ke-19 Guru Sekumpul di Kota Banjarbaru, pada Selasa (16/1/2023).

Sampah berserakan di jalanan raya.

“Kita belum dapat data jelas lagi ya, tetapi untuk wilayah Kota Banjarbaru. H-3 jelang Haul Guru Sekumpul sudah mengalami kenaikan sampah hingga 30 ton,” ucap Kepala DLH Banjarbaru, Sirajoni saat ditemui di ruang kerjanya.

Dalam pantauan oleh tim Asyikasyik, sepanjang jalan Ahmad Yani di perempatan tugu Banjarbaru, terdapat banyak tumpukan sampah hingga ke kawasan depan jalan Mingguraya. Di depan tugu Nol Kilometer Banjarbaru, seorang pria tengah memungut sampah di sekitaran jalan tersebut.

Sepulang acara, terlihat juga di sepanjang kawasan Bandara Internasional Syamsuddin Noor. Terdapat sampah-sampah jenis plastik seperti botol aqua, gelas plastik, bungkusan cemilan, dan sebagainya.

Sampah di kawasan trotoar bahu sepanjang jalan Bandara Internasional Syamsuddin Noor.

Dari hasil temuan itu, Sirajoni telah menghitungnya sebanyak 30 ton per harinya.

Jika dilihat tempat di TPS Induk maka total sebanyak 1000 ton, dan hal itu keseluruhan sampah yang diangkut oleh armada dari relawan Banjarmasin, Banjarbaru, Tanah Laut dan Kabupaten Banjar.

Facebook Comments