BALAI Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan (BBPKS) menyelenggarakan kegiatan Uji Coba Instrumen UKBI Tahun 2023 pada 25-26 Juli 2023 yang diikuti oleh 25 peserta dari berbagai profesi, seperti pelajar, guru, mahasiswa, dosen, juru bahasa, karyawan, penulis, wartawan, editor/redaktur, dan WNA.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kasubbag Umum BBPKS, Mangara Siagian di ruang Barito, lantai 2 Fave Hotel Banjarbaru, Jalan A. Yani KM 32,5. Dalam sambutannya Mangara menyampaikan kegiatan uji coba bertujuan untuk mengujicobakan wacana dan soal UKBI.

“Jadi, soal-soal yang akan diujicobakan telah divalidasi secara internal oleh para pakar bahasa dan pakar pengujian.” ungkap Mangara.

Mangara Siagian (Kasubbag Umum BBPKS) menyampaikan sambutan didampingi Ahmad Zaini (Ketua Panitia Kegiatan)

Setelah pembukaan, seluruh peserta diberi pengarahan singkat terkait paket soal yang harus diselesaikan peserta. Adapun soal-soal yang diberikan berkaitan dengan kemampuan linguistik berbahasa Indonesia. Kemampuan mendengarkan, merespon kaidah bahasa, membaca, dan menulis.

ada empat seksi soal masing-masing paket soal uji coba instrumen ukbi

Sebelumnya kegiatan yang serupa juga pernah dilaksanakan tahun 2022 yang lalu, saat itu belum ada soal menulis. Satu paket terdiri dari 3 seksi saja. Ketua Panitia, Ahmad Zaini menyebut pihaknya dari BBPKS tahun ini lebih maksimal melaksanakan uji coba.

Facebook Comments