BERAKHIR sudah rangkaian Lomba Baca Puisi dengan tema “Jangan Bentak Sungai Kita” yang digelar Akademi Bangku Panjang, Mingguraya, Banjarbaru. Dimulai dengan  Lomba Menulis Puisi, dilanjutkan Seleksi  Video Baca Puisi yang diikuti sebanyak 64 peserta dari seluruh Kalsel pada bulan lalu, kemudian terpilih 13 orang sebagai peserta Lomba Baca Puisi yang pada Sabtu (17/8/2019) langsung bertanding membaca di hadapan dewan juri di panggung bundar Mingguraya.

Dimulai sekitar pukul 10.30 Wita, satu per satu peserta membaca puisi “Sungai Kita” karya Trisia Chandra yang sebelumnya merupakan pemenang Lomba Menulis Puisi yang masih rangkaian dari lomba ini.

Rata-rata peserta, karena memang sudah hasil seleksi sebelumnya, memiliki kualitas yang baik dalam membaca puisi. Para peserta ada yang berasal dari Batola hingga Kotabaru. Meski peserta terbanyak berasal dari Banjarbaru. Dari 13 peserta, hanya satu absen, yakni Ikhsan, karena mengikuti acara Siswa Mengenal Nusantara di Padang, Sumatera Barat.

Setelah seluruh peserta selesai tampil, dewan juri terdiri dari HE. Benyamine, Rika, dan Sandi Firly melakukan diskusi penilaian, yang kemudian menghasilkan enam juara.

“Sebenarnya seluruh peserta sudah sangat baik dalam membaca. Dan memang, karena sudah terpilih berdasarkan seleksi video membaca puisi yang sebelumnya dilombakan. Hanya saja, ketika tampil langsung di hadapan juri dan penonton, tentu akan berbeda,” ujar HE Benyamine, Direktur Akademi Bangku Panjang, Banjarbaru, sebelum mengumumkan pemenang.

Benyamine mengatakan, semua peserta yang tampil adalah pilihan dan tak diragukan lagi dalam membaca puisi. “Walau memang ada sedikit kesalahan dari beberapa peserta. Dan tentu itu mempengaruhi penilaian,” ucapnya.

Tak berpanjang kata, nama-nama pemenang pun diumumkan.

Dimulai dari Juara Harapan III Maria Edi (Banjarmasin), Juara Harapan II Rahmat Akbar (Kotabaru), dan Juara Harapan I Irma Suryani (Banjarmasin). Selanjutnya, Juara III Desy Arfianty (Banjarbaru), Juara II Rahmatus Sholehah Benya (Kotabaru), dan Juara I Ridha Novrihati Solehah (Banjarbaru).

Ridha Novrihati Sholehah, Juara I

Para juara, peserta, dan juri berfoto bersama.

Para peserta terlebih dulu menerima hadiah Seleksi Video Baca Puisi masing-masing Rp 250.000. Kemudian penyerahan hadiah Lomba Baca Puisi; Juara I Rp 2.000.000, Juara II Rp 1.250.000, Juara III Rp 1.000.000, dan Juara Harapan I, II, III masing-masing Rp 500.000. Dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan kepada seluruh peserta.

Kegiatan Lomba Baca Puisi “Jangan Bentak Sungai Kita” ini sepenuhnya didukung HSN Bergerak, serta #Semangat Muda, dan media partner [email protected]

Facebook Comments