Pelaksanaan giat Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahun 2022 di Yayasan Nurul Ikhlas PAUD Terpadu PLN Kelurahan Mentaos, Banjarbaru Utara berlangsung khidmat pada kemarin, jumat (17/6/2022).

Kegiatan yang dihadiri oleh Bunda PAUD Banjarbaru, Ibu Vivi Zubedi, Tim Penggerak PKK, Kepala Puskesmas Banjarbaru Utara, dr. Hairin, Lurah Mentaos Ibu Zulhulaifah, beberapa perwakilan dari Yayasan Nurul Ikhlas tersebut berjalan lancar sesuai rencana.

Seperti yang telah diprogramkan bahwa Bulan Imunisasi Anak Nasional adalah upaya Kementerian Kesehatan menutup kesenjangan imunitas kesehatan di masyarakat dampak dari pandemi COVID-19. BIAN dilaksanakan selama satu bulan, bertahap di seluruh provinsi Indonesia.

“Hari ini anak-anak akan divaksin rubella dari Puskesmas Banjarbaru Utara,” papar Mahliana, Wali Kelas TK A yang bertindak sebagai pembawa acara BIAN di PAUD Terpadu PLN Banjarbaru.

Pemberian imunisasi rubella bertujuan untuk pencegahan penyakit campak yang disebabkan oleh virus. Di Indonesia, vaksin anak campak masuk program imunisasi nasional karena angka kasus campak di Indonesia terbilang tinggi.

Sesuai dengan rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan Kementerian Kesehatan, anak berusia 9 bulan bisa menerima imunisasi campak / MR. Sebaik nya di lakukan imunisasi ulangan pada usia 18 bulan (vaksin MR), dan pada usia 5–6 tahun atau 6–7 tahun saat BIAS. Imunisasi campak pada anak di atas 1 tahun dapat di berikan imunisasi kombinasi berupa vaksin MMR (measles, mumps, rubella).

Pemberian vaksin rubella tidak cukup hanya sekali.

Saat anak mendapat vaksin pertama pada umur 9 bulan, ada kemungkinan masih ada perlindungan antibodi dari sang ibu. Karena itu, vaksin bisa jadi kurang efektif. Dengan demikian, butuh booster atau penyokong efektivitas vaksin anak lewat imunisasi lanjutan.

Acara giat imunisasi di PAUD Terpadu PLN Banjarbaru tersebut diisi dengan sambutan tari-tarian dan diakhiri dengan foto bersama. Walau beberapa di antara anak-anak ada yang menangis karena ketakutan dengan jarum suntik namun dukungan dan penjelasan dari tim pelaksana dari Puskesmas Banjarbaru Utara cukup menenangkan sehingga kegiatan berjalan [email protected]

 

Facebook Comments