MUHAMMAD MARWAN, S.Pd sebentar lagi akan menggoyangkan Banua dengan mini albumnya. Sebagai informasi projek tersebut telah mendapat lampu hijau oleh Wali Kota Banjarbaru, HM Aditya Mufti Ariffin dalam pembuatan kompilasi lagu tersebut dengan dukungan Diskominfo Banjarbaru. Direncanakan mini album akan jadi kado spesial untuk Hari Jadi Banjarbaru 2023.

Disinggung lewat lagu Banjarbaru Kota Idaman, Marwan yang berprofesi segalai pengajar di SMAN 1 Banjarbaru mengaku bahwa itu kado kecil yang dibuatnya lantaran telah jatuh cinta dengan Banjarbaru sejak 2004. Hal ini terkait notabene Marwan yang saat itu adalah mahasiswa JPOK ULM di Banjarbaru yang merantau dari Hulu Sungai.

Menurut Marwan lagu tersebut merupakan kebhinekaan global dalam lagu Banjarbaru Kota Idaman. Coba Anda resapi lagunya https://youtu.be/90Fde3CjUSk dengan lirik;

Selamat datang kami ucapkan
Bapak wan Ibu sakawan-kawan
Di Banjarbaru Kota Idaman
Kota palajar lawan Saniman

Pa Wali Kota pintar menata
Tatanan kota indah wan nyaman

Marilah kita sama manjaga
Mamilahara nang sudah ada

Berbagai suku adat budaya
Jadilah satu di Banjarbaru
Rakyatnya rukun lagi mufakat
Banjarlah baru Kota Idaman

“Lagu ini menceritakan Kota Banjarbaru (kini menjadi Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan) yang kotanya sudah tertata oleh pemimpin daerah saat ini dan mengajak masyarakat untuk menjaga dan memeliharanya.” ungkap Marwan kepada redaksi dan menjadi bahan penelitian skripsi seorang mahasiswa di ULM.

Secara implisit menunjukkan gambaran kehidupan bermasyarakat yang rukun dalam keberagaman dan perbedaan

Dalam wawancara peneliti, pencipta lagu mengatakan ingin menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan Kota Banjarbaru yang nyaman sebagai hasil dari sinergisitas pemerintah daerah dengan masyarakat salah satunya dengan saling menghargai, toleransi dalam keberagaman. Sudah tentu di dalamnya terdapat toleransi dan saling menghargai sehingga tercipta masyarakat yang rukun.@

Facebook Comments