SUDAH menjadi tradisi, dalam setiap perhelatan Aruh Sastra Kalimantan Selatan (ASKS), dilakukan pengumpulan karya puisi dari penulis atau penyair Kalsel yang akan dibukukan dalam sebuah antologi.

Buku antologi puisi sebagai sebuah penanda. Di sana merangkum puisi karya-karya penulis atau penyair Kalsel. Pengumpulan puisi ini dilakukan oleh panitia tuan rumah ASKS dan kemudian dikurasi atau diseleksi oleh tiga orang kurator yang telah ditentukan.

Proses seleksi ini kadang memang mengundang diskusi, atau lebih jauh perdebatan. Biasanya, karena dinilai (oleh sebagian penyair yang merasa senior) tidak selektif, tidak ketat, terlalu longgar, hal ini berdasarkan dimuatnya puisi-puisi yang menurutnya tidak layak, atau ada nama-nama (pendatang baru) yang seolah tiba-tiba muncul begitu saja.

Apapun itu, panitia dan juga kurator, memiliki pertimbangan tersendiri. Yang umum, yakni ingin menampung seluas mungkin karya dari mereka yang mencoba berpartisipasi. Lebih dari itu, bukankah soal puisi baik dan tidak baik, terkadang juga soal selera?

Baiklah, tahun ini (2019) ASKS XV digelar di Kabupaten Kotabaru. Dan pengumuman pengumpulan karya puisi untuk dimuat di dalam antologi sudah dibeberkan jauh-jauh hari. Nah, mumpung masih ada cukup banyak waktu, segera kirimkan karyamu. Catatkan nama dan karyamu, sehingga menjadi bagian dari sejarah ASKS XV. Panitia sudah menunggu puisimu, lho..

Berikut ini ketentuannya:

PEMBUATAN ANTOLOGI BUNGA RAMPAI ARUH SASTRA KALIMANTAN SELATAN XV KOTABARU TAHUN 2018

Syarat dan Ketentuan :

  1. Peserta merupakan warga/penduduk Kalimantan Selatan (dibuktikan dengan fotocopi kartu identitas/KTP/SIM/Kartu Pelajar/Kartu Mahasiswa/Biodata)
  2. Tema ”Eksotika Laut dan Kepulauan”
  3. Peserta mengirimkan masimal 3 puisi yang akan dipilih oleh kurator
  4. Tidak mengandung unsur SARA, pornografi, kekerasan, dan penghinaan terhadap pihak lain
  5. Puisi dan biodata (max 300 karakter) diketik dengan huruf Times New Roman 12, spasi 1,5 dan dikirim dalam bentuk file ke email [email protected] atau via pos ke Sekretariat : Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kotabaru. Alamat : Gedung Abdi Negara Kotabaru, Jalan P. Indra Kusuma Negara Lantai 2 Kotabaru Kalimantan Selatan dengan menuliskan ANTOLOGI ASKS XV KOTABARU di pojok kiri atas amplop
  6. Pengiriman puisi dimulai tanggal 15 Agustus 2018 s.d. 1 Oktober 2018
  7. Panitia berhak mempublikasikan hasil karya untuk keperluan penerbitan dengan hak cipta yang tetap menjadi milik peserta
  8. Hal-hal lain yang belum jelas bisa ditanyakan langsung kepada panitia melaui WA atau FB panitia ASKS XV Kotabaru.

Jadi, tunggu apa lagi… Buruan kirim, ntar [email protected]

 

Facebook Comments