Nyaman mamancuk sambil baimbaian
Buah asam hampalam nyaman dimakan
Kami hadangi buhan hampian sabarataan
Di Banua Sanggam Kabupaten Balangan*

 

KEGIATAN tahunan Aruh Sastra Kalimantan Selatan (ASKS) XVIII 2021 Balangan telah di depan mata. Acara akan mulai dibuka pada Jumat (12/11/2021). Para rombongan dari 13 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan pun telah bersiap menghadiri kegiatan sastra terbesar Kalimantan Selatan yang berlangsung 12-13-14 November 2021.

Sebelumnya, berbagai lomba yang diselenggarakan ASKS XVIII 2021 Balangan dengan tema “Maangkat Batang Tarandam, Sastra Banjar Gasan Kekayaan Sastra Indonesia” telah selesai digelar dan telah ditetapkan para pemenangannya. Pengumuman dan penyerahan hadiah bagi para pemenang ini akan dilakukan pada acara Aruh Sastra di Balangan. Lomba-lomba ASKS XVIII 2021 Balangan terdiri dari: Baharatan Maulah Syair Banjar, Baharatan Maulah Kisah Rakyat Balangan, Baharatan Baturai Pantun, dan Baharatan Basyair Banjar.

Adapun rangkaian kegiatan juga telah dibagikan kepada setiap perwakilan kabupaten/kota yang akan berhadir pada pelaksanaan Aruh. Termasuk juga peluncuran buku Antologi Puisi atau Kambang Rampai Puisi ASKS XVII 2021 Balangan yang menghimpun karya-karya para penulis dan penyair banua.

Buku lainnya yang juga akan diluncurkan di ASKS XVIII adalah Kumpulan Puisi Bahasa Banjar “Rista Kabak Burung di Tanah Banyu” (Sakalumpu Puisi Banjar) karya penyair Fahmi Wahid, yang juga adalah panitia ASKS XVIII.

Melalui facebook Panitia ASKS dijelaskan, setelah menampi seluruh karya yang ada, seleksi dilakukan berdasarkan kesesuaian tema,kebahasaan dan kebaruan karya, kesimpulannya adalah banyaknya ditemukan penulisan puisi yang masih tidak tuntas dalam segi penulisan secara EYD maupun teknik typografi puisi yang tidak sesuai dan tidak memungkinkan untuk dimuat, juga ditemukan karya yang amat melenceng dari tema yang menjadi syarat utama dalam Kambang Rampai Puisi ASKS XVIII.

Berdasarkan hal itu, tiga curator terdiri dari Fahmi Wahid, Micky Hidayat, dan HE Benyamine, terpilihlah sebanyak 129 karya yang lolos untuk Kambang Rampai Puisi ASKS XVIII Balangan. Sementara jumlah asal penulis atau penyair per kabupaten/kota yang termuat dalam buku tersebut yakni: Hulu Sungai Tengah 25 penulis, Hulu Sungai Utara 9 penulis, Hulu Sungai Selatan 8 penulis, Balangan 8 penulis, Tabalong, 7 penulis, Tapin 2 penulis, Kab. Banjar 7 penulis, Banjarbaru 13 penulis, Banjarmasin 12 penulis, Barito Kuala 10 penulis, Tanah Laut 14 penulis, Tanah Bumbu 12 penulis, dan Kotabaru 4 penulis.

Kesiapan pelaksanaan ASKS XVIII 2021 Balangan juga disampaikan Bupati Balangan H Abdul Hadi melalui sebuah tayangan video yang dibagikan di FB Panitia ASKS.

“Mari kita sukseskan bersama pelaksanaan Aruh Sastra Kalimantan Selatan ke-delapanbelas yang dilaksanakan pada tanggal 12-14 November 2021 di Kabupaten Balangan dengan tema ‘Maangkat Batang Tarandam, Sastra Banjar Gasan Kekayaan Sastra Indonesia’,” uca Bupati Abdul Hadi.

Berdasarkan rilis Panitia ASKS, juga telah dibeberkan agenda acara yang akan digelar selama pelaksanaan ASKS XVIII. Berikut susunannya:

Facebook Comments