PELAKSANAAN Bengkel Sastra (Bengsas) Daring 2021 oleh Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan bekerjasama dengan beberapa komunitas yang ada di Banjarbaru akhirnya selesai dilaksanakan. Kegiatan Bengsas yang mulanya berlangsung tatap muka sebelum pandemi dan dilaksanakan dengan fokus satu kategori sastra saja, kali ini dilaksanakan dengan berbagai kategori.

Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan menjalin kerjasama dengan beberapa komunitas yaitu Asyikasyik.com, Suluh Literasi, dan Kindai Seni Kreatif untuk menyinergikan kegiatan Bengsas daring sesuai kecakapan (kemampuan) dan segmentasi komunitas. Asyikasyik.com dan Kindai Seni Kreatif fokus kepada pelajar SMA, umum, mahasiswa yang usianya di bawah 35 tahun. Sementara Suluh Literasi fokus kepada pelajar SD dan SMP (sederajat).

Bengsas Daring 2021 adalah kelas menulis yang membuka spesifikasi kategori penulisan sastra bidang puisi, pantun, esai, cerpen, resensi, cerbung, dan novel. Dengan alokasi waktu 10 kali pertemuan, masing-masing pertemuan 3 jam PJJ (Pertemuan Jarak Jauh) lewat zoom. Setiap kali pertemuan ada penguatan yang dilakukan berupa penugasan masing-masing kategori oleh narasumber.

Seperti yang diharapkan Kepala Balai Bahasa Prov. Kalsel pada pembukaan kelas menulis bahwa tujuan akhir dari Bengsas daring adalah memberi ruang seluas-luasnya untuk pelajar, mahasiwa, umum yang ada di Kalimantan Selatan. “Dengan adanya kelas menulis ini saya harapkan para narasumber bisa memandu mereka untuk belajar dan bisa mengisi ruang aplikasi www.bacasatra.id” ungkap M. Luthfi Baihaqi.

Facebook Comments