MEMAKAI seragam kain Sasirangan berwarna hijau dan biru awan, Wali Kota Banjarbaru H.M Aditya Mufti Ariffin tengah menyaksikan pembukaan pada acara Hari Jadi (Harjad) ke-24 Kota Banjarbaru di halaman lapangan Murdjani, Kota Banjarbaru. Di samping kanan dan kirinya terlihat sosok Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor dan Iwan Syahril, Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kemendikbudristek RI.

Sesaat Bumper Video Opening ditampilkan di panggung Harjad Banjarbaru, lalu disusul dengan Tarian Japin yang dibuka langsung oleh kedua MC. Untuk mengawali acara, sejumlah hadirin menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, serta lagu Mars Bergerak dan Mars Banjarbaru pun turut disenandungkan dan kemudian, ditutup dengan lagu Banjarbaru Juara.

Di tengah momentum itu, Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin yang didampingi oleh Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono menyerahkan Perwali Implementasi Kurikulum Merdeka kepada Dirjen Pendidikan yang diterima oleh Iwan Syahril, perwakilan Kemendikbudristek RI.

Laporan pertanggungjawaban disampaikan langsung oleh Ketua TIM Pelaksana Harjad Kota Banjarbaru, B.S Sasono mengungkapkan tema yang diusung adalah “Sinergikan Kebersamaan Menuju Banjarbaru Maju, Agamis dan Sejahtera (Juara).”

“Peringatan Harjad ke-24 Kota Banjarbaru ini, Pemko Banjarbaru memberikan penghargaan kepada lansia dan disabilitas, kemudian kepada petugas kebersihan dan kesehatan dilingkup Kota Idaman, serta para siswa yang berprestasi,” ungkap Sasono.

Hal itu, menurut Sasono juga bahwa berhubungan dengan rangkaian lomba Hardiknas 2023 yang berlangsung pada 9-12 Mei. Selanjutnya, dia menyampaikan ihwal penutupan Harjad Banjarbaru pada malam Sabtu, 13 Mei 2023 mendatang.

“Tahun 2023 ini, pembiayaan Harjad Banjarbaru dibebankan dengan anggaran APBD dan sumbangan para partisipasi,” ujarnya.

Pada 10.30 Wita, MC mengumumkan para pemenang sayembara lomba dan anugerah penghargaan kepada juara Salikur, Kelurahan dan RT Teladan, Tenaga Kesehatan Teladan untuk Perawat, Bidan dan Dokter, serta siswa berprestasi dalam cabang lomba olahraga se-Banjarbaru.

Dalam sambutan pidatonya, Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti ingin menumbuhkan semangat belajar dalam kurikulum Merdeka Belajar. Ke depannya, dia berharap dapat mengimplementasikan ke sekolah-sekolah di Kota Idaman.

“Expo Pendidikan ini cukup istimewa yang dirangkai dalam Harjad ke-24 Kota Banjarbaru. Sehingga, tidak cuma aspek pendidikan tetapi di dalamnya juga terdapat bagian bazar kuliner, pagelaran sepeda dan konser musik, menampilkan artis ibu kota yakni Budi Doremi dan El Corona Feat Muqadam,” tutur Aditya, Ketua DPW PPP Kalimantan Selatan itu.

Facebook Comments