Puluhan pelajar dan seniman melukis lesehan di lantai Gedung Warga Sari Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan, tempat berlangsungnya Pameran Lukisan Nasional “Bias Borneo” 2022, Kamis (18/8/2022) sore. Mereka melukis bebas di media tas kain (totebag) dengan cat acrylic yang disediakan oleh sponsor.

Melukis bersama ini bagian dari rangkaian pameran “Bias Borneo” yang berlangsung dari tanggal 16 sampai 21 Agustus 2022. Kegiatan ini melibatkan para pelajar Banjarmasin yang ikut melukis berasal dari MTs 5, SMKN 4, SMKN 1, dan sejumlah mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat.

Sejumlah seniman lukis yang terlihat asyik juga menggoreskan catnya di antaranya Ariel Lawang dan Rokhyat. “Melukis sambil bermain,” ucap Ariel tertawa, salah satu pelukis yang cukup sering ikut berpameran.

Sementara Rokhyat sendiri memberi judul lukisannya “Ngayau”, gambar sebuah wajah dekoratif abstrak dengan warna acak.

Seorang mahasiswi, Iin, melukis seekor kucing yang hanya terlihat wajahnya, dan di depannya ada warna-warna. ” Kucing mengintip kehidupan,” katanya tersenyum.
Sejumlah pelajar lainnya ada yang melukis bentuk anime, pemandangan, kaktus, wajah, ada juga mata-mata yang tampak abstrak.

Praja, Sekretaris Pameran “Bias Borneo” mengatakan, kegiatan melukis bersama ini dilakukan juga dengan anak-anak TK pada pagi hari. Sehari sebelumnya juga melukis bersama dengan pelukis Yaksa asal Yogyakarta. “Melukis bersama dengan pelajar ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada anak-anak, pelajar, dan mahasiswa,” ucap Praja.

MELUKIS BERSAMA: Para pelajar, mahasiswa, dan seniman lukis melukis bersama di Pameran Lukisan Nasional “Bias Borneo”, Taman Budaya Provinsi Kalsel, Kamis (18/8/2022) sore.

Dijelaskan, melukis bersama ini adalah kerjasama panitia “Bias Borneo” dengan Leeven & Co (creative space) asal Surabaya yang memang sering mendukung kegiatan seni rupa di Indonesia. Mereka menyediakan peralata lukis seperti cat, kuas, dan media untuk dilukis. Erha Linda dari Leeven & Co. mengatakan, bahwa Leeven & Co konsern dengan kegiatan seni rupa di Indonesia dengan membantu mensupport event-event seperti pameran “Bias Borneo”.

Tidak hanya mensupport peralatan lukis, Leeven & Co. juga menyediakan doorprize bagi karya melukis bersama yang dinilai bagus. “Dengan nelukis bersama ini diharapkan mereka lebih percaya melukis dan berkreasi,” ujar [email protected]

Facebook Comments