Masih dalam suasana Hari Jadi Banjarbaru ke-23, Perkumpulan Dayak Meratus (Kumdatus) yang dipimpin Benyamin Uhil kembali menggelar pertunjukan seni budaya yang bertajuk Borneo in Harmony. Beraneka lomba akan digeber, antara lain; lomba manyipet, balogo, bagasing, menggambar, dan mewarnai.

Acara yang berlangsung kali ketiga ini telah dipersiapkan berbulan-bulan dengan konsep yang sangat matang. Selama empat hari berturut-turut, mulai pukul 10.00 Wita hingga malam hari akan diisi dengan pertunjukan tarian-tarian dayak (folk dance), puisi, lagu-lagu daerah, atraksi-atraksi dan hiburan musik sape.

Borneo in Harmony digelar mulai hari ini, 12 Mei sampai 15 Mei 2022 di Atrium Qmall Banjarbaru

Penyerahan plakat oleh Benyamin Uhil kepada Wartono, Wakil Wali Kota Banjarbaru

BIH#3 yang mengusung tinggi adat budaya dayak ini dibuka oleh Wakil Wali Kota Banjarbaru, Wartono pada 12/5 siang. Pada kesempatan tersebut Wartono berharap kegiatan serupa terus bisa dilaksanakan. “Kegiatan ini penting untuk melestarikan budaya dayak, sekaligus mengakomodir dan membentengi NKRI. Sehingga kita bisa menghormati dan menghargai budaya-budaya yang ada di Indonesia,” paparnya kepada media.

Acara yang dibuka dengan tatak pantar oleh Wakil Wali Kota Banjarbaru di hadapan puluhan orang yang memakai baju khas dayak  lengkap dengan atribut pendukung ini berhasil menyedot perhatian pengunjung QMall Banjarbaru. Tampak hadir Kadisporabudpar Banjarbaru, perwakilan-perwakilan; FKP Kalsel, PT Angkasa Pura 1, Disdikbud HSS, Kesbangpol Kalsel.

Rangkaian acara pembukaan yang dimulai dengan sambutan Ketua Pelaksana; Irwan syahruzie, Ketua Umum Kumdatus; Benyamin Uhil, General Manager QMall, Ketua Dewan Adat Dayak Kalimantan Selatan dan Wakil Wali Kota Banjarbaru. Ditutup dengan tradisi syukur Bakanjar dan Babangsai.

Hingga tiga hari mendatang (13-15 Mei) BIH#3 akan dimeriahkan dengan kolaborasi pentas seni, berikut sanggar/komunitas yang akan berpartisipasi; Sanggar Meratus Lestari, Dewa Musik, Atraksi Kuntaw Kumdatus DPC HST, Kumdatus DPC HSU, Sanggar Riak Nyalung, Sanggar Ma’Uya dan Hatno, Sanggar Sarunai Mudi Kalamula.

Acara ini secara tak langsung adalah temu tatap seluruh anggota Kumdatus Kalsel, Kaltim, Paser, HST, HSU, Kotabaru, dan Tabing Siring.

Setiap hari akan ada lomba dan pagelaran seni budaya yang dimulai sejak pagi hingga malam hari. Bagi Anda yang ingin menyaksikan langsung mari ke QMall Banjarbaru. Inai Simpai juga akan standby di lokasi acara untuk melayani Anda yang berminat simpai gelang di pergelangan tangan [email protected]

Foto dok: Dina

Facebook Comments