Bertepatan dengan Hari Thalassemia Sedunia Rumah Sakit Daerah Idaman Kota Banjarbaru meluncurkan layanan unggulan untuk para pasien Thalasemia yakni Layanan Hematologi Onkologi Anak. Thalassemia adalah kelainan darah bawaan yang ditandai oleh kurangnya protein pembawa oksigen (hemoglobin) dan jumlah sel darah merah dalam tubuh yang kurang dari normal.

Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru, Said Abdullah yang didampingi Komandan Yonif 623/BWU Mayor inf Dimas Yamma Putra, Direktur Poltekes Banjarmasin Mahpolah, dan Plt. Direktur RSD Idaman Banjarbaru dr. Danny Indrawardhana menyampaikan pihaknya akan bergotong royong saling membantu agar bisa memenuhi kebutuhan darah bulanan untuk pasien Thalassemia.

“Dengan komitmen ini kami ingin memperlihatkan kepedulian kita kepada kota Banjarbaru bahkan Kalimantan Selatan, jika kita peduli terhadap pasien Thalassemia. Terutama persoalan kurangnya stok darah untuk mereka,” ujarnya

Saat ini kebutuhan akan darah mencapai 120-160 kantong perbulan ini, dan tidak bisa diatasi sendiri oleh RSD Idaman Banjarbaru.

“Seluruh komponen di Banjarbaru, baik instansi vertikal, lembaga-lembaga pendidikan, atau komponen masyarakat lainnya, mari kita bekerjasama untuk turut peduli mengatasi persoalan pasien thalassemia ini,” imbau Said Abdullah.

Plt. Direktur RSD Idaman Banjarbaru dr. Danny Indrawardhana menyampaikan hingga kini RSD Idaman merupakan satu dari dua rumah sakit di Kalimantan Selatan yang secara konsen menangani pasien Thalassemia.

“Adapun kebutuhan akan darah pasien perminggunya bisa mencapai 30-40 kantong. Dan pasien pun berasal dari luar kota bahkan luar Provinsi. Untuk itu Hal kita tindak lanjuti dengan beberapa kali rapat, ke daerah yang memiliki layanan thalassemia, hingga akhirnya kita resmi membuka layanan ini yang ditunjang dengan adanya kita miliki dokter ahli yang menangani penyakit ini,” [email protected]

Facebook Comments