Poetry in Action agenda bulanan di Panggung Bundar Mingguraya. Pada 27 Mei 2022, pukul 21:00 s/d Selesai dengan tema: “Banjir Demonstrasi Anti Pembungkaman”. Terbuka partisipasi untuk pengisi acara, tampilan tradisi lisan, musikalisasi atau baca puisi, teater (petilan), monolog, tari dan lainnya, bersifat partisipatif serta melaksanakan protokol kesehatan Covid19.

Wali Kota Banjarbaru, HM Aditya Mufti Ariffin menyambut baik tema yang diusung oleh pengelola acara PIA, “100 seri PIA yang mengangkat tema banjir demonstrasi anti pembungkaman sangatlah bagus, terutama dalam kita menyampaikan aspirasi melalui ekspresi dan kreasi,” terangnya saat dihubungi redaksi.

01 Banjarbaru yang saat ini masih berada di Bali dalam acara City Net, diwakili oleh Asisten II Wali Kota, Ibu Puspa Kencana untuk hadir dalam acara ke-100 PIA.

Dalam rilisnya, Akademi Bangku Panjang Mingguraya di media sosial menyebut bahwa bulan Mei ini, ada peringatan akbar dan sangat fundamental terkait Proklamasi Kalimantan 17 Mei 1949 bersatu dengan NKRI, berikut kutipannya:

Adakah kemerdekaan dan kebebasan itu, ketika begitu mudahnya sungai-sungai ditenggelamkan, rawa-rawa dikubur, dan begitu leluasa banjir menyusuri tumpukan pemukiman. Hujan bukan banjir, namun banjir bisa menjadi hujan airmata. Banjir berusaha membuka komunikasi yang selama ini begitu kuat terjadi pembungkaman dan ketidakpedulian, saluran yang tersumbat, sedang hujan hanya menyapa sesaat lalu mentari, bintang, dan bulan kembali menyapa dengan lapang.

Anda dipersilakan mengungkapkannya lewat puisi atau penampilan teater (petilan)/monolog, atau bentuk lainnya, tentu sangat membanggakan jika Anda membacakan puisi karya Anda sendiri yang berhubungan dengan tema di atas, namun silakan membacakan puisi karya orang lain atau Anda yang menulis puisinya dan teman Anda yang membacakannya.

Penyelenggaraan kegiatan ini terlaksana atas dukungan donasi banyak pihak. Donasi atau hadiah (seperti buku) dapat diserahkan langsung pada saat acara, atau menghubungi pelaksana (Hp. 085100480441. Kegiatan bulanan ini menerima donasi untuk keberlanjutan penyelenggaraannya.

Kegiatan bulan Mei ini menandai seri ke-100 PIA sejak awal digelarnya pada Maret 2012. Barangkali, seandainya tak ada pandemi PIA seri ke-100 genap di bulan Agustus 2020. Bagi Anda yang berkenan membawa makanan ringan (kudapan) dipersilakan. Juga berharap sumbangan acara dari dangsanak sabarataan (sanggar/teater/kelompok/komunitas/dll) yang disesuaikan tema acara dan dikoordinasikan sebelumnya. Terima kasih kepada para pihak yang telah berpartisipasi pada acara ini bulan April 2022. Sampai jumpa besok malam. Tahniah [email protected]

Facebook Comments