Idul Adha sering disebut juga Hari Raya Qurban. Dan qurban mengingatkan kita pada daging. Entah itu daging sapi atau kambing.  Nah, tuh daging enaknya diapain ya?

Pertanyaan itu tentu saja bisa dijawab dengan mudah, yakni tergantung selera masing-masing. Tapi, bagi yang belum kepikiran mau dimasak apa. Mimin punya contekannya. Dijamin nggak ribet pokoknya. Asyik.

Lanjut.

Daging kalau menurut mimin enaknya dibikin sate. Sate ala mimin, sederhana saja. Tapi bikin ketagihan, bro.

Cara membuatnya: Siapkan daging yang diiris dadu, garam, asam jawa, sepotong kecil nanas, dan kalau mau ditambah sedikit penyedap rasa. Untuk nanas, mimin tak perlu yang manis. Sebab mimin sudah manis, cieeehh….

Jika sudah siap, campurkan tuh semua bahan. Kemudian diremas pelan-pelan sambil menyiapkan bara api. Ingat, pelan saja. Tidak seperti orang yang sedang patah hati dan gemes sama mantannya. Jangan terlalu lama juga meremesnya, nanti malah lembek dagingnya. Ya sekitar sepuluh detik-lah.

Sudah?

Ambil daging masukkan ke tusuk sate, dan dipanggang di atas bara. Ingat di atas bara api, bukan di atas bara hati. Kalau ditaruh di atas bara hati (karena putus cinta),  nggak bakalan matang tuh daging.

Nah, kalau sudah masak. Sate siap untuk disajikan sebagai pelengkap masakan lainnya seperti sop tulangan, dan sop-sop lainnya –asal jangan Sophia Latjuba, hehee..-. Atau dicocol di kecap manis yang diberi cabe rawit.

Ok, selamat mencoba dan menikmati. Bagi yang menikmati, jangan lupa mimin, hehe…

Selamat Idul Adha, mohon maaf lahir dan batin ya…@

Facebook Comments