LOMBA Film Puisi merupakan hal baru dalam event Aruh Sastra Kalimantan Selatan (ASKS) XV 2018 Kotabaru. Sebelumnya, dari ASKS pertama tidak pernah dilombakan sekalipun—barangkali karena belum (begitu) dikenal.

Nama atau karya seni berupa Film Puisi ini memang jarang terdengar atau banyak dikerjakan. Yang ada adalah memasukkan puisi di dalam sebuah film, seperti film Ada Apa dengan Cinta. Atau, membuat film (layar lebar) yang berangkat dari sebuah puisi, semisal Hujan Bulan Juni (2017) karya Sapardi Djoko Damono. Yang terakhir ini mungkin sebenarnya lebih mendekati apa yang dimaksud dengan Film Puisi, atau memang seperti itu? Hanya saja, dalam lomba di ASKS XV ini dibuat versi pendek.

Tim asyikasyik yang mencoba mencari bagaimana bentuk Film Puisi ini di “Mbah Gugel” menemukan beberapa tayangan. Rata-rata berdurasi pendek. Bahkan sangat pendek, sependek puisi yang difilmkan. Tak sampai lima menit—seperti batasan minimal dalam Lomba Film Puisi di ASKS XV 2018 Kotabaru ini.

Dalam Film Puisi itu, rata-rata puisinya dibacakan—maksudnya, terdengar ada suara yang membacakan puisi itu. Selebihnya adalah gambar-gambar (film) yang mencoba memvisualkan isi puisi, yang dibuat sepuitis mungkin. Beberapa ada juga yang disertai teks puisi.

Yang jelas, ada upaya untuk menyelaraskan antara gambar, teks, dan isi atau pesan (puisi). Bagaimana perpaduan antara gambar dan puisi itu bisa menjadi selaras, sehingga isi atau pesan dalam puisi “sampai” kepada audiens. Dan yang tak kalah penting adalah warna vokal yang membacakan puisi (bila memang diperlukan untuk mengisi atau melengkapi back sound).

Begitulah kiranya Film Puisi itu. Namun pernyataan serta saran-saran di dalam tulisan ini tidak mutlak “benar” sesuai keinginan juri atau panitia, lho ya…. Jadi, semuanya kembali kepada Anda. Hanya saja, lantaran tim asyikasyik ini baik hati, jadi diberikan penggambaran serta sedikit referensi bagaimana bentuk dan isi film puisi.

Kalau asyikasyik sih menyarankan bikin aja dengan mengikuti syarat dan ketentuan dalam lomba ini. Selebihnya, imajinasi. Dan yang pasti segera berkarya, mengingat waktunya semakin mepet. Tetapi beruntung, batas pengumpulan karya diperpanjang dari 10 Oktober menjadi 20 Oktober 2018.

Ok, siap? Agar jangan sampai melenceng dari syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan panitia, pelototi rinciannya di bawah ini (termasuk hadiahnya yang lumayan):

Lomba Film Puisi

Tema: Mencintai Sastra Melalui Karya

Kategori: Umum

Syarat dan Ketentuan:

  1. Lomba dibuka untuk umum
  2. Bersifat tim/kelompok dengan ketentuan maksimal hanya mengirim 2 karya
  3. Puisi yang difilmkan adalah puisi karya penyair Kotabaru yang termuat dalam antologi tunggal maupun bersama (sebutkan judul buku antologinya)
  4. Tidak mengandung unsur SARA, pornografi, kekerasan, dan penghinaan terhadap pihak lain
  5. Teks puisi wajib ada di dalam film
  6. Ilustrasi audio visual bebas. Gunakan back sound atau lagu yang tanpa hak cipta atau telah mendapat izin dari pemilik lagu untuk menghindari pelanggaran hak cipta
  7. Ide film harus orisinil dan belum pernah dilombakan di event dan publikasi di media mana pun
  8. Film dikirim dalam bentuk DVD dengan format AVI atau MP4 widescreen (format lain tidak diterima ) dalam format dengan ketentuan JUDUL_NAMA TIM/KELOMPOK
  9. Durasi film 5-20 menit ( termasuk credit screen )
  10. Karya dibuat dengan menggunakan Bahasa Indonesia sesuai dengan PUEBI
  11. Panitia berhak mempublikasikan hasil karya untuk keperluan lomba dengan hak cipta yang tetap menjadi milik peserta
  12. 10 Film Puisi terbaik akan ditayangkan di Layar Panggung Utama Siring Laut Kotabaru
  13. Apabila peserta melanggar syarat dan ketentuan lomba, akan mendapat sanksi berupa diskualifikasi dan tidak mendapat sertifikat peserta lomba
  14. Panitia tidak bertanggung jawab atas kesalahan peserta, seperti penggunaan lagu, pemakaian talent dan hal lain berkaitan dengan pembuatan film puisi
  15. Hal-hal lain yang belum jelas bisa ditanyakan langsung kepada panitia melaui WA atau FB panitia ASKS XV Kotabaru

Tata Cara Pengiriman Karya

  1. Peserta mengisi formulir pendaftaran (formulir bisa diketik ulang)
  2. Membuat surat keaslian karya dengan tanda tangan bermaterai 6000 (format surat bisa diketik ulang)
  3. Mengirim CD film puisi, formulir, scan surat keaslian karya ke email [email protected] atau melalui pos ke Sekretariat : Kantor Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Kotabaru. Alamat : Gedung Abdi Negara Kotabaru, Jalan P. Indra Kusuma Negara Lantai 2 Kotabaru Kalimantan Selatan dengan menuliskan FESTIVAL FILM PUISI di sudut kiri atas amplop
  4. Batas waktu pengiriman paling lambat tanggal 20 Oktober 2018
  5. Melakukan konfirmasi ke WA/FB panitia ASKS XV Kotabaru dengan format
  6. Nama :
  7. Asal :
  8. Alamat email:
  9. Telp/HP :
  10. Peserta dapat melihat karya yang masuk melalui postingan FB panitia ASKS XV Kotabaru

Kriteria Penilaian:

  1. Orisinilitas
  2. Kreativitas
  3. Kesesuaian dengan Tema
  4. Gaya Bahasa dan Aturan Penulisan
  5. Amanat

Hadiah Lomba

Juara I : uang tunai Rp8 juta, sertifikat dan buku antologi ASKS XV Kotabaru

Juara II : uang tunai Rp6 juta, sertifikat dan buku antologi ASKS XV Kotabaru

Juara III : uang tunai Rp4 juta, sertifikat dan buku antologi ASKS XV Kotabaru

Jadi, tunggu apa [email protected]

 

Facebook Comments