GUBERNUR Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin bersama Hj. Raudatul Jannah atau Acil Odah, Ketua TP PKK Kalsel rupanya memiliki kepedulian yang tinggi kepada para lansia.

Buktinya, Paman Birin dan Acil Odah berhadir pada Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-28 di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Selasa (28/5). Bertajuk “Lansia Sehat, Lansia Berdaya, Banua Kuat” peringatan Hari Lansia yang digelar Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel dan Dinas Sosial ini dalam rangka mendukung program pemerintah pusat yakni lansia terawat, Indonesia bermartabat.

Kehadiran Paman Birin dan Acil Odah pun disambut sukacita dan penuh antusias oleh para lansia. Turut diserahkan bantuan sosial dan penghargaan secara simbolis dari Paman Birin dan Acil Odah berupa souvenir, tongkat tripod, walker serta kursi roda.

Gubernur Paman Birin berharap, agar lansia dapat menikmati hari tuanya dengan penuh rasa syukur, kebahagiaan dan keceriaan dalam melanjutkan perjalanan hidup.

“Usia lanjut merupakan kelompok yang perlu diperhatikan secara khusus dan harus memperoleh jaminan dalam pemeliharaan kesehatan dan kesejahteraan,” ujarnya.

Untuk itu, Paman Birin mengimbau semua pihak baik instansi pemerintah maupun non pemerintah serta seluruh masyarakat, agar memberikan perlindungan terhadap lanjut usia untuk mendapatkan hak-haknya, seperti hak kemandirian, hak berpartisipasi, hak perawatan dan hak harga diri.

“Mari kita sejahterakan dan kita layani lanjut usia dengan sebaik-baiknya, karena ini perbuatan yang mulia. Rawatlah lansia dimanapun mereka berada, dengan perawatan yang sebaik mungkin, baik bagi lansia yang tinggal di lingkungan panti, maupun lansia di lingkungan keluarga kita masing-masing. Dan yang terpenting, para orang tua kita atau lansia mendapatkan kesehatan terutama selalu riang gembira dalam menghadapi usia lanjut,” pesannya.

Senada, Ketua TP PKK Kalsel Hj Raudatul Jannah atau Acil Odah mengatakan, perhatian kepada kaum lansia  bisa memberikan semangat kepada mereka. “Apapun itu kita harus memperhatikan dan menyayangi mereka. Intinya, mereka bisa menjadi lansia yang sehat dan terutama bahagia,” ujarAcil Odah.

Sementara itu, salah satu lansia Hj Idah Faridah asal Banjarmasin, menceritakan pengalamannya yang sudah 10 tahun berada di Panti Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (PPRSLU) Budi Sejahtera tersebut.

“Untuk peringatan HLUN ke-28 yang sekarang bisa dikatakan luar biasa, bagus sekali dan sukses dari sebelumnya, lebih asoy lah gitu. Untuk keadaan di panti saya sudah 10 tahun di sana, Alhamdulillah enak semua, diperhatikan dan gratis,” ujarnya. (red/end/adpim)

Facebook Comments