AsyikAsyik.Com – Jika kamu pernah ke Banjarmasin dan berkeliling di kota berjuluk seribu sungai ini, kamu akan mendapati beragam patung. Patung-patung ini sepertinya dibuat untuk memperingati kelangkaan mereka. Sayangnya, kalau dipikir-pikir, agak menggelikan juga.

Patung pertama adalah patung Bekantan di Siring Sungai Martapura. Patung ini mudah saja didapati. Apalagi kalau kamu menikmati wisata susur sungai yang sedang digalakkan pemerintah Kota Banjarmasin. Dari pandangan pertama saja, kamu sudah pasti bisa menebak patung itu terinspirasi dari apa. Ya, dari patung singa berbadan ikan di Singapore, Merlion. Hal ini terlihat dengan diletakkannya di tepi sungai dan menyemburkan air melalui mulutnya.

Namun, patung bekantan menyemburkan air terlihat menggelikan –kalau tidak memprihatinkan- ketimbang patung yang ditirunya. Kok menggelikan? Tentu saja. Jika Singa berbadan ikan masih mudah diimajinasikan: kalau dia baru saja berenang di air -karena badannya ikan- lalu naik ke tepi sungai, dan memuntahkan air yang tertelan. Sedikit agak logis, walaupun tidak logis-logis amat.

Facebook Comments