Awal tahun 2020, Banua Banjar akan disuguhi pertunjukan seni cukup besar. Pendidikan Sendratasik menggelar kegiatan “Sendratasik Berkarya” di Open Space Universitas Lambung Mangkurat, dari tanggal 1 sampai 4 Januari 2020.

Ada yang berbeda dalam pementasan keSembilan Sendratasik yang digelar selama empat hari ini. Tak hanya pertunjukan, tapi juga diisi lomba-lomba, panggung apresiator, guest star, dan bazar. Pada malam pembukaan , 1 Januari, ada penampilan flashmob dari Sendratasik Berkarya 9. Dan hari terakhir, 4 Januari, menjadi malam puncak dengan pementasan “Karna”.

Konseptor pergelaran Jaelani Abdi menerangkan,Wayang Kulit Banjar menjadi tema yang diangkat pada pementasan kali ini. Berangkat dari kisah Mahabrata dengan mengambil sosok Adipati Karna sebagai tokoh pahlawan dari Kurawa. Penciptaan karya seni ini berupa pertunjukan wayang yang dikreasikan.

Jaelani percaya bahwa pertunjukan wayang ini cocok digunakan sebagai media menyampaikan pesan dan kesan kepada kehidupan masyarakat.” Kisah epik sang Adipati Karna pahlawan Kurawa yang menjunjung tinggi nilai-nilai kesatria. Walaupun dia angkuh karena kesaktiannya, ia juga seorang dermawan yang murah hati,” ujarnya.

Berangkat dari kisah epik sang Adipati Karna atas ketaatannya pada kerajaan Astinapura dengan rajanya Prabu Duryudana inilah pergelaran akan ditampilkan. Gelar Adipati sendiri adalah sebuah gelar kebangsawanan untuk orang yang menjabat sebagai kepala wilayah dan untuk orang yang bergelar ini adalah orang kepercayaan kerajaan.

Dijelaskan, asal usul Adipati Karna ini ialah saudara tua Arjuna dengan ibu mereka yaitu Dew Kunti. Sebagaimana diketahui, sebelum menjadi permaisuri Prabu Pandu Dewanata (ayah Arjuna), Dewi Kunti telah mempunyai seorang putra bernama Suryaatmaja. Anak itu didapatnya dari Batara Surya, akibat permainan lambang asmara, yang sebenarnya tidak sengaja. Namun, akibat peristiwa itu, Dewi Kunti hamil dan ayahnya Prabu Kuntiboja amat marah.

Nah, itulah kilasan pertunjukan Karna persembahan dari Sendratasik yang akan digelar di Open Space Universitas Lambung Mangkurat. Suguhan awal tahun yang sayang dilewatkan. Contact Person : 082290538714 (Normaliyah),087817657394 (Kartiko)[email protected]

Facebook Comments