KONFERENSI Pemuda Bali digelar oleh BASAbali Wiki yang merupakan sebuah organisasi dengan tujuan memperkuat peran pemuda untuk menyikapi isu publik bersama pemerintah menggunakan bahasa Bali melalui platform digital kreatif. Konferensi Pemuda Bali BASAbali Wiki mewakili kolaborasi signifikan antara para pemuda, kelompok guru dan pemerintah yang ada di Bali dilaksanakan pada 6-7 Mei 2024 di Hotel Inna Bali Heritage, Denpasar, Bali.

Spirit kongres pemuda sebelumnya secara nasional dan lokal pernah dilakukan. Sepanjang sejarahnya, para pemuda aktif melakukan berbagai pertemuan, konferensi, dan kongres. Kongres pemuda I dilaksanakan pada tanggal 30 April-2 Mei 1926 di Jakarta. Kongres Pemuda II dilaksanakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928. Salah satu buah pemikiran pemuda yang monumental melalui kongres yang disebutkan terakhir dalam sejarah perjalanan bangsa adalah sumpah pemuda.

Kongres Pemuda II yang dilakukan pada tanggal 28 Oktober yang berhasil menyalakan nyali anak bangsa untuk mengakui satu bangsa, satu tanah air, dan menjunjung bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia. Dalam konteks Bali, juga pernah diadakan Kongres Pemuda Bali tanggal 14-17 April 1950. Hasilnya adalah kesepakatan untuk membuat organisasi Kesatuan Pemuda Nasional Indonesia sesuai dengan amanat UUD 1945.

Kegiatan yang diadakan selama dua hari ini melibatkan perwakilan siswa SMA/SMK/Sederajat se-Bali, mahasiswa, guru, perwakilan Pasikian Yowana kabupaten/kota, dan pemerintah provinsi Bali. Hari pertama, acara secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, Prof. Dr. I Gede Arya Sugiartha, S.Skar. M.Hum., ditandai dengan penancapan logo BASAibu Wiki di Puri Agung Room, Inna Bali Heritage.

Sebanyak 180 peserta dari seluruh Bali yang berpartisipasi dalam sesi pembukaan ini. Bapak Dr. Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, S.E., M.Si. selaku Walikota Denpasar periode tahun 2008-2021 menjadi pembicara utama dalam acara tersebut, menyampaikan pentingnya generasi muda untuk aktif menanggapi isu publik menggunakan bahasa Bali melalui platform digital kekinian.

Facebook Comments