Ratusan jamaah menunggu kehadiran Wakil Presiden (Wapres) RI KH Ma’ruf Amin di halaman Masjid Agung Al Munawarah, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Dalam rangka buka bersama (bukber) dan melaksanakan tarawih di bulan Ramadhan 1444 H, bertepatan jelang Malam Lailatul Qadar.

DALAM pantauan Asyikasyik, terlihat jajaran personil Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Selatan bersama Danrem 101 Antasari melakukan keamanan ketat di halaman mesjid, jalan raya, hingga ditiap sisi kota. Di dalam masjid, para sejumlah aparat tengah melakukan barisan di tiap shafnya dan tersusun rapi, mereka yang mengenakan seragam berwarna cokelat dan hijau tua tersebut.

Saat tiba di masjid, KH Ma’ruf Amin pun hadir tersenyum ke sejumlah jamaah di dalamnya, dan langsung melaksanakan sholat isya berjamaah. Nampak pasukan dari Paspampres RI berdiri mengelilingi orang nomor 2 di negeri ini. Dan sebelum melaksanakan tarawih berjamaah, tamir Masjid Al Munawarah mempersilakan Wapres RI untuk memberikan sedikit ceramah.

“Saya bersyukur dapat berhadir dan tarawih bersama di Masjid Al Munawarah ini. Terlebih, memasuki 10 malam terakhir Ramadhan. Kita perlu mengingat keutamaannya, khusus malam Lailatul Qadar,” ucap Ma’ruf Amin kepada Asyikasyik, Senin (10/4/2023) malam.

Ma’ruf menyebut malam Lailatul Qadar adalah malam yang paling mulia di antara malam-malam biasanya. Sebab, menurutnya Allah meninggikan derajat serta ibadah manusia dan memberikan ampunan-Nya.

Menurut Ma’ruf, malam Lailatul Qadar itu tidak dijelaskan oleh Allah SWT ihwal letaknya. Lantas, dia menjelaskan artinya seorang hamba harus mencari dan terus beribadah kepadaNya.

“Menjadi kebiasaan Allah dalam menyamarkan sesuatu, yaitu hal istimewa. Allah juga tidak menjelaskan, jaga shalat yaitu Al Wustho itu apakah magrib, isya, dzuhur atau azhar. Tidak dijelaskan,” tutur Ketua Umum MUI.

Bahkan, Ma’ruf juga menyampaikan sosok kewalian seseorang tidak dijelaskan dimuka bumi ini. Sesuai perkataan Syeikh Nawawi, menurutnya mengenal seorang Wali Allah lebih sulit ketimbang mengenal Allah SWT.

Wapres RI Ma’ruf Amin memberikan tausyiah singkat sebelum melaksanakan tarawih bersama warga Banjarbaru
Facebook Comments