SORE yang teduh setelah diguyur hujan setengah jam, lokasi wisata kuliner Kampung Pelangi di Guntung Paikat pada sabtu, 23/10/2021 resmi dibuka. Acara yang diiringi musik panting ini dibuka langsung oleh Wali Kota Banjarbaru, HM Aditya Mufti Ariffin.

Pembukaan wisata kuliner tersebut dimulai dengan pemukulan gong, diiringi penulisan kesan pesan, dan pelepasan bibit ikan nila ke sungai Kemuning. Keberadaan wisata kuliner yang dikhususkan untuk mengoptimalkan potensi ekonomi warga setempat yang tinggal di bantaran sungai Kemuning. “Sayang, kalau orang datang ke Kampung Pelangi hanya untuk selfie lalu pergi. Olehnya dengan adanya wisata kuliner ini bisa membantu ekonomi masyarakat setempat di tengah pandemi,” terang Wali Kota Banjarbaru di pengantar sambutannya.

Selain merangkul penjual penganan khas Banjar, jajanan kekinian di acara pembukaan tersebut panitia yaitu Karang Taruna Kampung Pelangi membuka pojok relaksasi dan pojok baca hasil kerjasama dengan Darpusda. Hal ini diapresiasi penuh oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan. “Balai Bahasa siap bekerjasama untuk menyediakan beberapa koleksi bacaan sebagai pilihan lain para pembaca,” terangnya.

Selain Wali Kota Banjarbaru, anak-anak dan masyarakat yang mengunjungi pojok baca Darpusda nampak juga ilustrator kebanggaan Banjarbaru Mika August, Kadisporabudpar Banjarbaru, Pimpinan Bank Kalsel Cabang Banjarbaru, Direksi beserta Komisaris PT MRA, dan Kepala Balai Bahasa Prov. Kalimantan Selatan.

Giat pojok baca ini sebenarnya adalah sinergi dari rangkaian Festival Literasi Banjarbaru 2021 yang akan memasuki puncaknya pada pekan depan.

“Puncaknya nanti adalah peluncuran buku Antologi Festival Literasi Banjarbaru 2021 dan pengumuman pemenang 10 Karya terpilih yang akan dibagikan langsung oleh Wali Kota Banjarbaru di Studio Mini Van der Pijl Lantai 2 Perpustakaan Banjarbaru,” papar koordinator acara festival Yulian Manan kepada tim redaksi asyik.

Info yang dihimpun ada 27 nominator penulis antologi festival tersebut hasil seleksi dua kurator antologi yaitu HE. Benyamine dan Sandi Firly yang terpilih dari 91 naskah masuk. “Dalam beberapa hari ke depan nama-nama yang terpilih akan kami umumkan secara resmi.” pungkas [email protected]

Facebook Comments