Beragam seni budaya Banjar akan ditampilkan dalam sebuah pertunjukan di Rumah Banjarsari dan Taman Budaya Jawa Tengah di Surakarta, pada pada tanggal 8, 9 dan 10 Oktober 2020, dengan tajuk “Habar Matan Banjar “.

Direktur Selasar Nusantara Rumah Banjarsari Zen Zulkarnain dalam rilisnya kepada asyikasyik.com menjelaskan, “Habar Matan Banjar ” merupakan program Selasar Nusantara #4. Program rutin Rumah Banjarsari yang dimaksudkan untuk mengenalkan ragam kekayaan budaya Nusantara sekaligus menjadi media dialog yang dinamis antar kebudayaan.

“Habar Matan Banjar artinya kabar atau cerita dari Banjar, Kalimantan Selatan,” tulisnya.

Sebelum program Selasar Nusantara #4, Habar Matan Banjar, berturut-turut hadir  “Diru Papua”, “Minang Maimbau” dan “Titian Angin Timur” pada program Selasar Nusantara sebelumnya.

Bekerjasama dengan Sanggar Ading Bastari Barikin, “Habar Matan Banjar” akan menyuguhkan berbagai kebudayaan Banjar di Rumah Banjarsari dan Taman Budaya Jawa Tengah di Surakarta. Sebanyak 20 peserta mencoba menawarkan bentuk ekspresi kebudayaan yang hidup, dinamis dan kontekstual. Bukan sekedar pameran artefak kebudayaan masa lalu yang telah  membeku

“Semua bentuk sajian yang ditampilkan hanya akan menghadirkan penonton terbatas melalui undangan dengan penerapan standart protokol kesehatan Covid-19,” jelasnya.

Sementara khalayak umum bisa menyaksikan melalui kanal youtube Rumah Banjarsari pada tanggal 8, 9 dan 10 Oktober 2020 mulai pukul 19.00 WIB, baik live streaming maupun dikemas melalui teknik liputan setiap harinya. Hal tersebut sekaligus sebagai upaya menjajal model penyelenggarakan acara atau festival kesenian di tengah situasi pandemi seperti sekarang ini. Sekaligus berkampanye melatih kedisiplinan masyarakat menjalankan protokol kesehatan Covid-19 melalui jalan kebudayaan.

Selain itu, setiap hari selama tiga hari pelaksanaan acara, di Rumah Banjarsari akan ada bazar dan pameran kebudayaan Banjar. “Dari benda-benda pusaka, kain dan pakaian adat, barang seni dan segala pernak pernik khas Banjar hingga sajian kuliner Banjar yang khusus mendatangkan tukang masak dari Barikin, Banjar,” papar Zen.

Facebook Comments