Festival Literasi Banjarbaru 2021 memberi ruang menulis untuk warga Banjarbaru dengan tema “Menulis Harapan dan Kebaikan”. Beragam naskah datang dari murid sekolah dasar, guru, mahasiswa, dan masyarakat umum dengan beragam bentuk tulisan. Ada puisi, esai, cerpen, dan tulisan lainnya.

“Ada 112 karya yang masuk ke email panitia. Namun karena berbagai pertimbangan hanya 91 saja yang kami teruskan ke kurator karena penulisnya tidak tinggal di Banjarbaru dan beberapa lainnya mengirimkan di luar tenggat yang sudah diumumkan,” terang Rina Faradilla, panitia festival kepada tim redaksi.

Penjaringan karya yang dimulai 15 September hingga 7 oktober 2021 ini adalah tulisan yang memberikan gambaran tentang begitu kuat harapan dan kesadaran, betapa kebaikan ternyata begitu dekat dengan kehidupan dan keseharian kita sendiri.

“Pandemi Covid-19 secara langsung maupun tidak, mengingatkan pada semua hal yang telah menjadi rutinitas dapat berbeda dalam menyikapi dan menjalaninya, bahkan menawarkan perilaku dengan adaptasi baru.” Papar HE. Benyamine, salah satu kurator festival. Lebih lanjut, Bang Ben sapaan akrabnya menyebut bahwa Kebiasaan dan rutinitas sebelum Covid-19 seakan terhenti untuk dibaca kembali dengan arah membaca untuk belajar sebagai kemampuan literasi untuk lebih memahami dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan.

Antologi Festival Literasi Banjarbaru 2021 memilih sebagian naskah tulisan yang menjadi buku. Dengan berat hati, sebagian lainnya belum dapat menjadi bagian buku. Dalam pertimbangan memilih hingga tersisa 27 naskah tulisan, yaitu: (1) naskah tulisan dari penulis sekolah dasar atau menengah pertama dibandingkan dengan penulis setaranya, (2) naskah tulisan dari guru, mahasiswa, dan umum disandingkan dengan penulis sesamanya, (3) naskah tulisan yang menggabungkan pengalaman dan pengetahuan dalam harapan dan kebaikan, dan (4) naskah tulisan yang masuk 10 pilihan berdasarkan persentasi dari siswa, mahasiswa, guru, dan umum dari 27 naskah tulisan dalam buku antologi bersama.

Berikut nama-nama yang karyanya terpilih dalam Antologi Festival Literasi Banjarbaru 2021, sebagai berikut:

1. A.Rezani
2. Anang Shalih
3. Astri Hidayah
4. Athaya Nisrina Fikri
5. Aurelia Yumna Putri Jasandika
6. Diang Anggrek
7. Dina Noor Apriyani Mu’az
8. Dina Mariana
9. Dwi Ambar Suryaningsih
10. Fidya Almira Hereyanto
11. Hairunnisa
12. Isma Rachmadani Siregar
13. Lucy Ika Fiorenza
14. Mikaela Ratri Khaleefa
15. Mira Zulistia
16. Muhammad Ruhil Kurniawan
17. Nor Jannah
18. Rahimayanti
19. Rikha Elzhanaya
20. Rory Aksara
21. Sabiq Al Labiib ‘Ibaadurrahmaan
22. Sakura Darham
23. Selly Wahyuning Tyas
24. Shafiya Izzatina
25. Syafiqotul Machmudah
26. Syakira Ghina Faliha
27. Syarifah Sari Hartati

Selanjutnya pengumuman 10 penulis terpilih akan diumumkan pada penutupan festival yang akan digelar pada 9 November 2021 di Studio Mini Perpustakaan Lantai 2 [email protected]

Facebook Comments