Angota Komisi IV DPRD Banjar, M. Zaini turun langsung ke lokasi bencana angin puting beliung yang memporak-porandakan puluhan rumah warga.  Peristiwa puting beliung terjadi Jumat (11/6) sore itu menerjang rumah warga di 4 Desa di Kecamatan Martapura Barat.

Paling parah di Desa Penggalaman dengan total 26 rumah. 2 rumah di Desa Keliling Benteng Tengah, 1 rumah Desa Keliling Benteng Ulu, dan 1 rumah di Desa Sungai Rangas Hambuku.

Malam setelah kejadian, Politisi PKB itu langsung turun mengawal bantuan yang dibawa BPBD Banjar, memastikan puluhan warga yang terdampak mendapat bantuan.

Banyak warga yang kehilangan tempat tinggal, hingga harus mengungsi di tempat ibadah maupun sanak keluarga. M. Zaini mengatakan turut prihatin atas musibah yang menimpa warganya tersebut dan mengupayakan ada bantuan pembangunan rumah dari pemerintah.

“Setelah berbicara dengan warga Desa Penggalaman, mereka meminta agar dapat dibantu membangun rumah. Warga di sini semuanya bertani, jadi untuk membangun rumah dengan cepat tidak mungkin, apalagi sekarang masih pandemi Covid-19,” ujar Zaini.

Dari Pemkab Banjar dan Pemprov Kalsel sendiri juga mengupayakan bantuan tersebut. Bahkan diusahakan bantuan dari Kementerian juga turun.

“Ini menjadi kewajiban kami di Komisi IV untuk terus mendorong dan memback-up bantuan dari pemerintah. Kami berharap bantuan dari Dinas Perkim hingga Kementerian dapat turun, khususnya untuk pembangunan rumah warga yang rusak,”

Bantuan logistik makanan hingga peralatan dan kebutuhan sehari-hari sudah diserahkan Bupati Banjar Saidi Mansyur, juga dari Pemprov Kalsel, serta sejumlah relawan yang turut membantu langsung ke lokasi.

Terpisah, Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalsel Siti Nuriyani mengatakan akan mengupayakan memberikan bantuan dalam bentuk bahan bangunan rumah, kerjasama dengan Kementrian Sosial.

“Kami upayakan memintakan bantuan dari Kementrian Sosial dalam bentuk bahan bangunan untuk rumah, mudah-mudahan bisa disetujui oleh Kementrian bisa langsung kita kerjakan asalkan ada data,” ucap Siti [email protected]

Facebook Comments