FAKULTAS Syariah Institut Agama Islam Darussalam Martapura (dulunya STIS, STAI Darussalam Martapura) menjadi salah satu pusat pendidikan dan pelatihan untuk menghasilkan sarjana dan ulama yang kompeten dalam menerapkan dan mengembangkan hukum keluarga dan hukum bisnis syariah bagi para remaja di Kalimantan, khususnya di Kota Martapura.

Para lulusan di fakultas ini dapat memilih karir masa depan sebagai Ahli Hukum Islam atau praktisi yang terampil dalam menjalankan tugas baik di institusi negeri maupun swasta, seperti Hakim, Penghulu, Panitera, Dewan Pengawas Syariah, Notaris, Advokat, Pengusaha, Guru Fiqih, Dosen, dan lain-lain.

Pada tahun 2023 ini, Fakultas Syariah IAID Martapura berkolaborasi dengan Organisasi Mahasiswa Kampus melahirkan terobosan baru melalui acara bernama Syariah EXPO. Acara yang mengusung tema “Masa Depan Cerah dengan Membudayakan Nilai Syariah” ini akan diselenggarakan selama tiga hari berturut-turut dari tanggal 7–9 Juli 2023 di Ruang Terbuka Hijau Ratu Zalecha (Alun-alun Kota Martapura).

SYARIAH EXPO AKAN DIGELAR 7-9 JULI 2023

“Diharapkan dengan adanya EXPO 2023, masyarakat akan lebih mengenal keberadaan Fakultas Syariah masa kini, sebuah lembaga yang bisa memberikan ilmu dan pemahaman dalam menghadapi tantangan global bidang ilmu hukum Islam dan hukum umum,” ujar Dekan Fakultas Syariah, Hj. Lusiana, SH., M.Pd, ketika ditanya mengenai pendapat tentang acara ini.

Selanjutnya lomba-lomba yang tersedia untuk memeriahkan Syariah EXPO dibagi menjadi dua kategori, yakni kategori religi dan non-religi. Cabang lomba dengan kategori religi di antaranya ialah Qirataal Kutub, Syarhil Qur’an, dan Festival Habsyi. Adapun cabang lomba yang termasuk dalam kategori umum ialah Pidato 3 Bahasa, Musikalisasi Puisi, Stand Up Comedy, Fashion Show 3R serta Essai Ilmiah.

Untuk pendaftarannya sendiri akan dibagi menjadi dua gelombang, di mana gelombang 1 dimulai dari 1 – 15 Juni 2023, lalu disusul dengan gelombang 2 dari 16 – 31 Juni 2023. Selain itu, para pemenang dari masing-masing cabang lomba juga akan mendapatkan sertifikat, trofi serta uang pembinaan bernilai puluhan juta rupiah sebagai bentuk apresiasi.

Facebook Comments