Hal tergila dalam promosi sebuah film adalah memasukkan satu tokoh pemain menjadi hero dalam sebuah game. Dan ini yang terjadi pada Wiro Sableng sebagai hero dalam game moba Arena of Valor (AOV).

Saya terangkan dulu, ya gaes. AOV sebagai satu-satunya game yang lolos verifikasi dan menjadi cabang olahraga dalam Asian Games 2018 kategori e-sport. Tentu kualitas komunitas dan keuangan perusahaannya bukan main-main. Pasca populer dengan istilah 7 miliarnya, AOV rajin bagi-bagi hadiah, dan kompetisinya sudah tingkat dunia. Saya, Gak muluk-muluk lah ya buat jadi atlet. Saya cukup memainkan saja, syukur-syukur bisa nulis, berbagi pengalaman bermain sikit-sikit.

Lama sekali saya menunda tulisan ini lantaran ketidakjelasan Garena.

Kapan bisa menggunakan hero sableng ini dalam AOV? Game moba yang sudah setahun terakhir ini saya mainkan, yang pada awalnya berefek pada kehidupan rumah tangga. Tapi sekarang udah gak sih. Tau diri lah.

Dibandingkan mobil lejen 8 bit leyeh-leyeh itu, secara kualitas tentu AOV di atas rata-rata. Ini bit tulisan saya memang sedang menyindir Moonton. Ditambah lagi kasus plagiasi yang dihadapi mobil lejen sampai ke ranah hukum atas tuntutan Tencent. Pengadilan, denda, dan vonis hukuman sanksi, demikian persoalannya. Itu si Gatot Kaca di sana, kan, ya. Tapi lemah. Kita singkirkan dengan sopan dulu, ya gaes. Dadah mobil lejen!

Penantian saya akhirnya berbuah manis pasca tadi malam tak sengaja lewat depan rumahmu, ada tenda biru, dan Tim2One muncul dengan Vino G Bastian. Bayangkan! Semua youtuber tau kali dengan Chandra Liou Cs. Dan tarif youtuber papan atas sekelas mereka. So, tidak sedikit uang yang digelontorkan pihak LifeLike Pictures mempromosikan rilisnya Wiro Sableng sebagai hero di AOV. Baca juga Wiro Sableng, Film Dengan Promo Tergila Sepanjang Masa.

Kemunculkan Wiro Sableng direncanakan dengan matang.

Berkat kolaborasi Lifelike Pictures, Caravan Studio, Tencent Timi Studio, Garena Indonesia, dan pihak lain berbulan-bulan lamanya. Yang menarik, Vino G Bastian juga andil dalam pembuatanya. Saya langsung love like di IG Vino saat dia posting corat-coretan sketch Wiro.

Why? Mengapa harus Wiro Sableng yang menjadi hero lokal pertama di AOV setelah beberapa karakter DC Comics seperti Batman, Superman, Joker, Wonder Woman, dan Flash berwara-wiri di Antaris.

Emang sih, banyak kebijakan birokrasi sebuah karakter bisa masuk ke dalam provider game. Sebagaimana yang telah disampaikan Produser AOV Indonesia Hans Kurniadi, begitu banyak pertimbangan mengangkat Wiro Sableng sebagai hero lokal pertama di AOV. Jadi Wiro Sableng adalah salah satu hero lokal dengan IP (Intelectual Property) terbaik saat ini. Yap, IP terbaik di tahun ini!

Facebook Comments