TOUR de Lokasado dimulai. Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor atau Paman Birin, secara resmi melepas peserta sport tourism Tour de Loksado 2024 di kawasan wisata Kiram Park, Kabupaten Banjar, Kamis (28/6) pagi.

Ajang balap sepeda yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kalsel dan telah sukses diadakan selama enam kali.

Tahun ini event terdiri dari beberapa kategori lomba, antara lain Junior Under 19 (laki-laki), Man Elite usia 19-29 tahun, Master A usia 30-37 tahun, Master B usia 39-48 tahun, Master C usia 49 tahun ke atas, dan Women Open usia 14 tahun ke atas.

Tour de Loksado 2024 diikuti oleh 450 lebih peserta dari 15 provinsi di Indonesia. Para peserta akan menempuh jarak sekitar 150 km, dimulai dari kawasan wisata Kiram Park di Kabupaten Banjar, kemudian menyusuri jalur Trans Kalimantan, dan berakhir di kawasan wisata Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pariwisata dan perekonomian daerah, sekaligus mempromosikan keindahan alam Kalimantan Selatan kepada peserta dari berbagai daerah.

Paman Birin dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta Tour de Loksado 2024. “Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, saya sampaikan ucapan selamat datang di Kalimantan Selatan kepada seluruh peserta Sport Tourism Tour de Loksado 2024,” ucapnya.

Ia menyampaikan rasa bangganya atas terselenggaranya Tour de Loksado untuk keenam kalinya. Menurutnya, event ini tidak hanya menjadi ajang adu ketangkasan para pesepeda, tetapi juga menjadi sarana untuk mempromosikan keindahan alam Kalimantan Selatan, khususnya kawasan Loksado yang merupakan bagian dari Geopark Meratus.

“Kalimantan Selatan, khususnya kawasan Loksado, dianugerahi keindahan alam yang luar biasa. Kita memiliki Geopark Meratus, sebuah warisan geologi yang tidak ternilai harganya. Melalui event ini, kami ingin mempromosikan keindahan Geopark Meratus ke dunia. Kami ingin agar semakin banyak orang yang mengenal, mengagumi, dan turut menjaga kelestarian kawasan ini,” ujar Paman Birin.

Dikatakan, event ini menggabungkan unsur olah raga dan pariwisata, sehingga diharapkan dapat menciptakan pengalaman yang unik dan tak terlupakan bagi para peserta.

“Para peserta tidak hanya akan beradu kecepatan, tetapi juga akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah dan budaya lokal yang kaya,” imbuhnya.

Paman Birin berpesan kepada seluruh peserta untuk berkomitmen menjaga kebersihan dan kelestarian alam sepanjang mengikuti kegiatan ini.

“Keindahan alam yang kita nikmati hari ini adalah warisan berharga yang harus kita jaga untuk generasi mendatang,” tegasnya.

Pelepasan peserta Tour de Loksado 2024 berlangsung meriah. Para peserta dari berbagai daerah di Indonesia antusias mengikuti balapan dan menikmati keindahan alam Kalsel.Acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan seni dan budaya khas Kalsel.

Turut hadir perwakilan Forkopimda Kalsel, Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar, sejumlah Pimpinan SKPD lingkup Kalsel serta tamu undangan lainnya. (red/rfq/adpim)

Facebook Comments